11 Langkah Jaga Kesehatan Mata, Untuk Pandangan Masih tetap Baik dan Maksimal

11 Langkah Jaga Kesehatan Mata, Untuk Pandangan Masih tetap Baik dan Maksimal

11 Langkah Jaga Kesehatan Mata, Untuk Pandangan Masih tetap Baik dan Maksimal

Sebagai indera pandangan, mata mempunyai peran yang penting untuk kehidupan manusia. Tiap bagiannya mempunyai peranan tertentu, dimulai dari sisi luar yaitu kelopak mata dan bulu-bulu mata, sampai sisi dalam mata seperti kornea, retina sampai pupil.

Dengan mekanisme kerja yang cukup kompleks, sayang, cukup banyak orang yang meremehkan kesehatan mata, dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa.

sebenarnyabersamaan pertambahan umur, performa mata akan turun yang  membuat  pemakaian kacamata bertambah di umur tua.

Itu baru factor umur, belum juga dengan rutinitas orang saat ini yang banyak habiskan waktu dengan monitor digital.

Usai dengan masalah monitor digital, mata harus bekerja untuk kegiatan setiap hari yang memerlukan fokus dan kemampuan extra, seperti berkendaraan dan yang lain.

Untuk mempertahankan kesehatan mata Anda dan berperan secara baik, kerjakan banyak hal ini yang diambil dari beragam sumber:

1. Mengatur Jarak Mata Dari Monitor

Sering bekerja di muka monitor digital seperti computer dan netbook bisa membuat mata Anda cepat capek dan kering.

Untuk status, Anda dapat atur supaya jarak di antara monitor dan mata Anda sekitaran 50 – 60 cm. Lantas, pakai monitor penggelap atau mengatur kecemerlangan monitor digital hingga tidak begitu memperberat kerja mata Anda.

2. Mengatur Pencahayaan Ruangan Kerja

Pencahayaan di ruangan kerja Anda penting juga. Yakinkan ada penerang ruang atau lampu di atas monitor atau kepala anda.  Jika mata berasa capek, mengambil waktu untuk istirahatkan mata.

3. Alihkan Penglihatan Sesaat

Supaya tidak membuat mata cepat capek dan kering, Anda bisa mengaplikasikan ketentuan 20- 20-20 yang sudah disetujui oleh beberapa pakar sebagai langkah untuk jaga mata tidak begitu ‘tersiksa’.

Tiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan menyaksikan ke terlalu jauh sepanjang 20 kaki (6 mtr.) sepanjang 20 detik.

4. Mengatur Sinar Handphone

Mengatur sinar dari monitor supaya tidak begitu redup atau terlampau jelas. Anda dapat membesarkan ukuran tulisan atau font pada handphone supaya lebih gampang dibaca dari jarak 30-40 cm. Sama dengan pemakai computer, Anda bisa mengaplikasikan sistem 20-20-20 untuk rileksasi mata.

5. Kerap Berkedip-kedip

Anda dianjurkan untuk berkedip-kedip seringkali untuk melembapkan mata dan menghindar tanda-tanda mata kering. Rerata satu diantara 3 orang lupa berkedip-kedip saat bekerja.

Mengakibatkan mata jadi gatal, kering, dan mengusik pandangan. Kedipkan mata minimal 10-20 kali di dalam 1 menit.

6. Pakai Kacamata Anti Cahaya UV

Karena itu, bila Anda ada di luar ruang, pakailah kacamata surya yang membuat perlindungan Anda dari UV-A dan UV-B.

Topi atau payung dapat menolong membuat perlindungan mata Anda dari cahaya ultraviolet.

Radiasi cahaya matahari terus-terusan bisa mengakibatkan katarak pada mata berkembang bisa lebih cepat.

7. Rawatlah Lensa Contact

Menjaga kebersihan contact lensa, selalu lihat kebersihan tangan saat menggunakan contact lensa dan tidak boleh menggunakan contact lensa saat tidur.

Pakai cairan contact lensa yang sesuai lihat tanggal kedaluwarsa dari cairan dan contact lensa Anda.

Jauhi penggunaan lensa contact kelamaan. Batasan lumrah penggunaan lensa contact sendiri adalah 8 jam.

Tetapi jika rasakan mata kering Anda harus dengan selekasnya teteskan obat khusus lensa contact.

8. Berhati-hati Saat Menghias Mata

Mempercantik diri dan performa, beberapa wanita akan membubuhkan dandanan pada      mata dimulai dari eyeshadow, eyeliner, dan lain-lain.

Tentunya memakai produk yang aman, perlengkapan dandanan yang bersih dan steril. Membersihkan kembali dandanan mata dengan cermat saat sebelum tidur. Disamping itu, lihat tanggal kedaluwarsa produk make-up Anda, khususnya make-up wujud cairan atau cream misalnya mascara.

9. Tidak Boleh Remehkan Keluh Kesah Mata

Bila mata berasa gatal atau perih, Anda pasti reflek mengucek-ucek mata untuk kurangi rasa gatal.

Berhati-hati, tidak boleh sering ya karenanya tidak baik apa lagi jika ada suatu hal yang menjejal di mata.

Mencari cerminatau menyaksikan dari monitor camera depan untuk menyaksikan secara  nyata yang terjadi dengan mata Anda.

Untuk bantuan pertama, Anda dapat basuh mata sama air bersih atau mungkin dengan obat tetes mata sama sesuai keluh kesah.

10. Makanan Sehat Untuk Mata

Kesehatan mata dikuasai oleh kesehatan beberapa sel saraf dan pembuluh darah.

Mempertahankan kesehatan itu dapat diawali dari konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E yang dijumpai bagus untuk jaga peranan organ mata.

Jejeran kandungan nutrisi barusan dapat menolong membuat perlindungan mata dari katarak dan degradasi makula.

Tipe makanan yang menjadi opsi ialah sayur hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan lain-lain. Ikan salmon atau tuna ialah sumber omega-3 yang bagus.

Telur dan kacang-kacangan dapat menjadi opsi. Melengkapi dengan buah seperti jeruk dan strobery.

Usai makanan sehat, Anda perlu pastikan pola hidup sehat, satu diantaranya dengan tidak merokok.

11. Pengecekan Mata Dengan Teratur

Seperti pengecekan gigi, tidak ada atau ada ada keluh kesah, Anda dianjurkan untuk teratur lakukan pengecekan mata tiap 6 bulan sekali.

Terutama untuk Anda yang memakai kacamata atau lensa contact. Dengan check mata dengan teratur.

Jika ada masalah pada mata karena dapat teridentifikasi awal, hingga  dapat selekasnya diberi   therapy yang pas saat sebelum keadaan lebih buruk atau memunculkan kompleksitas yang memengaruhi peranan pandangan.

Menjaga mata Anda ini hari untuk peranan pandangan yang lebih bagus di periode saat ini atau kedepan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *