6 Cara Jaga Kesehatan Kaki Agar Nyaman Beraktivitas

6 Cara Jaga Kesehatan Kaki Agar Nyaman Beraktivitas

6 Cara Jaga Kesehatan Kaki Agar Nyaman Beraktivitas

 

Cara jaga kesehatan kaki mungkin belum banyak diketahui, bahkan banyak orang yang abai akan hal ini dan tidak memperhatikannya dengan baik. Padahal ketika kaki bermasalah akan mengganggu aktivitas harian Anda.

Oleh sebab itu, untuk menunjang kenyamanan beraktivitas Anda sebaiknya memperhatikan kesehatan tubuh yang menjadi penopang tubuh ini. Caranya tidaklah sulit, karena banyak cara simpel dapat Anda lakukan. Beberapa di antaranya akan kami sebutkan di bawah ini

6 Cara jaga Kesehatan Kaki yang Simpel Dilakukan Sendiri

Disadari atau tidak menjaga kesehatan kaki sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari Anda. Terutama jika aktivitas harian Anda kebanyakan berdiri, berjalan, maupun bergerak ke mana-mana.

Agar selalu sehat dan dapat menopang tubuh serta mendukung kegiatan Anda, maka bisa lakukan perawatan berikut ini:

 

  1. Cara Jaga Kesehatan Kaki dengan Rutin Membersihkannya

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan bagian penting penopang tubuh ini. Salah satunya dengan selalu menjaga kebersihannya. Menggunakan  keset saja tidaklah cukup menghilangkan kotoran yang terbawa dari luar rumah.

 

Anda perlu mencucinya dengan sabun dan air mengalir, jika bisa cucilah menggunakan air hangat. Namun, jangan gosok dengan keras agar tidak mengalami lecet. Bahkan jika kaki Anda kotor, bersihkan dengan lembut dan hindari menggunakan sikat kasar.

 

Cara jaga kesehatan kaki sangat mudah dilakukan, hanya perlu rajin saja saat melakukannya. Jangan lupa setelah mencuci keringkan menggunakan handuk atau kain bersih sampai kering. Karena jika tidak benar-benar kering akan tumbuh jamur.

Bisa gunakan sabun mandi agar lebih nyaman dan hindari gunakan sabun cuci pakaian karena akan memberikan efek kasar, bahkan alergi. Selain itu, bersihkan sampai ke bagian sela-sela kaki dan juga sela-sela kuku karena di bagian ini sering bertumpuk kotoran.

 

Mencuci kaki juga sangat penting dilakukan meskipun Anda menggunakan sepatu. Malah kondisi kaki yang tertutup sepatu dan kaus kaki cukup rentan terkena bakteri sehingga harus dicuci dengan sabun serta air hangat.

 

  1. Jangan Lupa Oleskan Pelembab

Selanjutnya, yang perlu Anda perhatikan adalah selalu menggunakan pelembab atau lotion pada bagian kaki. Gunanya agar tidak kering yang dapat menyebabkan pecah-pecah pada tumit atau telapak kaki.

 

Anda bisa menggunakan pelembab khusus untuk kaki atau lotion kulit yang biasa. Jika sudah terlanjur mengalami pecah-pecah, Anda bisa gunakan petroleum jelly. Krim satu ini ampuh sebagai cara jaga kesehatan kaki dan memperbaiki jaringan kulit.

 

Banyak produk lain juga yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelembab, misalnya aloe vera gel atau produk khusus kaki. Banyak produk yang bisa dibeli dengan harga di bawah 50k dan mudah ditemukan di minimarket maupun toko online.

 

  1. Cara Jaga Kesehatan Kaki dengan Memijatnya Sebelum Tidur

Ingin tetap nyaman beraktivitas setiap hari mulai pagi hingga petang, maka jangan lupa pijat kaki Anda setiap malam sebelum tidur. Kedengaran memang sepele dan banyak diabaikan orang karena malas.

 

Namun, ternyata manfaatnya sangat besar untuk kesehatan kaki, terutama melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot. Apalagi jika Anda mengalami hari berat, memijat kaki sebelum tidur dapat bantu mengurangi stress.

 

Dengan  cara jaga kesehatan kaki yang simpel ini Anda sudah bisa membantu diri sendiri menjadi lebih rileks dan bisa mendapatkan tidur nyenyak hingga bangun tidur.

 

Akan lebih baik apabila menggunakan minyak esensial dengan aroma kesukaan. Sebab minyak aroma terapi sangat membantu menghilangkan kepenatan dan merefresh pikiran.

 

Sesekali juga bisa pergi pijat untuk merilekskan seluruh tubuh. Anda bisa pergi ke salon atau spa, bisa juga memanggil tukang pijit. Kegiatan seperti ini mungkin pastinya akan membutuhkan uang, tapi manfaatnya cukup besar bagi diri sendiri.

 

  1. Pilih dan Pakai Sepatu yang Nyaman

Selanjutnya, ada hal penting yang juga sering terabaikan, terutama bagi kaum hawa. Kebanyakan kaum hawa dalam memilih sepatu mengutamakan gaya. Gaya memang merupakan sesuatu yang penting karena berefek pada penampilan.

 

Namun, tahukah Anda bahwa salah dalam memilih sepatu dapat membuat rasa tidak nyaman bahkan sakit. Jika salah memilih, maka efeknya sangat besar bagi diri sendiri. Oleh sebab itu, memilih sepatu yang tepat merupakan salah satu cara jaga kesehatan kaki.

 

Pilih sepatu yang nyaman digunakan dengan sol empuk dan dari bahan lembut. Sepatu-sepatu seperti ini umumnya punya harga cukup lumayan, tapi jika memilih secara baik ada banyak brand local dengan harga lebih terjangkau. Jadi, tidak selalu harus brand mahal.

 

Selain masalah kenyamanan, ukuran juga sangat penting. Pastikan memilih sesuai dengan ukuran kaki Anda, jangan kekecilan maupun terlalu besar.

 

Jika kekecilan, maka akan menyebabkan rasa terjepit dan sakit. Tidak jarang bisa menimbulkan iritasi seperti kulit melepuh. Apabila kulit sudah melepuh maka akan butuh waktu untuk mengobatinya.

 

Sepatu terlalu besar bisa berefek negatif, selain mudah lepas juga tidak nyaman dipakai. Agar menemukan ukuran sepatu yang pas, agar nyaman dipakai.

 

Jangan lupa gunakan kaus kaki dan menggantinya secara rutin. Kaus yang dipakai terlalu lama akan menimbulkan bau. Ditambah lagi berbagai permasalahan lain yang mungkin bisa timbul.

 

  1. Potong Kuku Minimal 2 Minggu Sekali

Langkah berikutnya yang bagus untuk cara jaga kesehatan kaki adalah dengan rajin memotong kuku Anda. Kuku merupakan bagian penting bagi tubuh jika terjadi masalah sedikit saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

 

Salah satu rasa tidak nyaman bisa timbul karena kuku Anda terlalu panjang. Selain membuat tidak nyaman beraktivitas, jika kuku terlalu panjang juga akan menjadi sarang penyakit karena kuku menjadi lebih mudah kotor.

 

Memotong kuku minimal dilakukan 2 minggu sekali atau ketika Anda sudah tidak nyaman dengan kondisi kuku. Sebaiknya, jangan memotong terlalu pendek dan hindari memotong terlalu dekat pada lengkungan kuku, sebab dapat menyebabkan sakit.

 

Perlu hati-hati saat memotong terutama untuk ibu jari, sebab bagian ini yang paling sering menimbulkan masalah. Bagian dekat lengkungan apabila dipotong terlalu pendek bisa menyebabkan sakit, bahkan berdarah.

 

Kuku yang sakit juga sangat berefek pada kenyamanan berjalan. Rasa sakit ketika berjalan akan sangat mengganggu aktivitas. Jadi, untuk menghindari rasa sakit sebaiknya Anda membuat jadwal potong kuku atau segera potong jika ada indikasi kurang nyaman muncul.

 

  1. Lakukan Peregangan untuk Mengurangi Nyeri

Untuk cara jaga kesehatan kaki yang kami sarankan berikutnya adalah rajin melakukan peregangan. Ini sangat penting bagi Anda yang lebih banyak melakukan aktivitas sambil duduk.

 

Duduk terlalu lama apalagi dalam satu posisi akan membuat bagian pinggang hingga kaki menjadi pegal bahkan nyeri. Jika sudah merasa pegal dan kurang nyaman, lakukan peregangan ringan agar kondisi kaki menjadi lebih nyaman.

 

Rasa nyeri juga bisa muncul apabila terlalu banyak beraktivitas. Anda mungkin langsung ingin beristirahat, tapi sebaiknya lakukan peregangan dahulu sehingga nyeri dapat berkurang. Sebab jika langsung beristirahat bisa menyebabkan kaku bahkan salah urat pada kaki.

 

Peregangan bukan hanya perlu dilakukan setelah beraktivitas, tapi juga baik dilakukan sebelum Anda melakukan aktivitas berat, misalnya berolahraga. Lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Bagi Anda yang selama ini masih abai dengan kesehatan kaki, maka harus mulai memperhatikannya. Beberapa cara jaga kesehatan kaki yang kami bagikan di atas bisa Anda coba praktikkan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *