7 Penyebab Kulit Wajah Gatal dan Cara Pengobatannya

7 Penyebab Kulit Wajah Gatal dan Cara Pengobatannya

Pernahkah Anda mengalami wajah gatal tiba-tiba? Penyebab kulit wajah gatal bisa bermacam-macam. Mulai dari alergi hingga polusi, tapi tetap sama gejalanya yaitu menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sampai mengganggu penampilan.

Wajah memerah, muncul bintik atau bentol, lalu kesemutan pada wajah. Gejala-gejala ini umum terjadi pada dan membuat penderita benar-benar merasa tidak nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus merusak penampilan sehingga membuat penderita enggan ke luar rumah.

Jika Anda mengalami hal seperti ini, sebenarnya bukan tanpa sebab. Ada banyak penyebab yang membuat rasa gatal pada wajah timbul. Apa saja penyebabnya, bisa cek yang berikut ini.

Ketahui 7 Penyebab Kulit Wajah Gatal

Gatal-gatal yang terjadi pada kulit muka memang sangat mengganggu, bahkan banyak orang menggaruknya karena tidak tahan. Jika sudah digaruk akibatnya bisa sangat fatal, karena dapat meninggalkan bekas.

Untuk bisa menghentikan kondisi ini, hal yang penting adalah mengetahui penyebabnya. Apa saja penyebab tersebut, mari simak yang berikut ini:

  1. Kulit Kering

Kondisi kulit menjadi salah satu penyebab kulit wajah gatal yang seringkali terjadi. Kondisi kulit terlalu kering dapat menimbulkan rasa gatal tidak tertahankan sehingga membuat Anda tidak ingin berhenti menggaruk.

 

Hal ini dapat dipicu oleh paparan bahan kimia dari produk tertentu, terlalu sering cuci muka, atau kelembaban udara yang rendah. Contoh kondisinya yaitu ketika Anda berada dalam sebuah ruangan dingin terlalu lama.

 

Untuk mengatasinya dengan cara memastikan bahwa kelembaban kulit senantiasa terjaga. Salah satunya dengan rutin mengoleskan moisturizer ke wajah, utamakan pilih produk yang bisa jaga kelembapan dalam kondisi normal.

 

  1. Gigitan Serangga

Serangga juga bisa jadi penyebab kulit wajah gatal, dalam beberapa kondisi rasa gatal yang dirasakan hanya bertahan sebentar. Namun, ada juga yang bertahan lama dan meninggalkan bekas merah sehingga membuat Anda menjadi tidak percaya diri.

Serangga yang menggigit seperti nyamuk, biasanya meninggalkan bentol merah tapi akan hilang dengan sendirinya. Namun, bisa saja membekas apabila Anda mengaruk begitu keras dan meninggalkan bekas cakaran kuku di muka.

Selain nyamuk, ada tungau atau kutu busuk. Jika serangga ini menggigit, bekasnya bisa bertahan lama dan terasa sangat gatal, bahkan dalam beberapa kasus berubah menjadi lepuhan.

Untuk gigitan nyamuk, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih sebagai pereda gatal dan biarkan saja bentol merahnya sampai hilang sendiri. Namun, untuk kasus tungau atau kutu busuk, sebaiknya gunakan lotion pereda gatal dan usahakan jangan digaruk.

Apabila Anda sering mengalami hal ini, sebaiknya siapkan salep antihistamin di rumah. Salep ini tergolong aman asalkan Anda menghindari area mata dan bibir. Gunakan hanya saat perlu saja, karena pemakaiannya juga bisa menimbulkan efek negatif.

  1. Sebagai Reaksi Alergi

Penyebab kulit wajah gatal berikutnya adalah alergi terhadap suatu zat, misalnya bahan nikel pada perhiasan, ponsel, dan bingkai kacamata.

Biasanya bukan hanya gatal, tapi juga akan muncul ruam, mulanya pada area yang bersinggungan langsung dengan pemicu alergi, tapi kemudian menyebar ke area lainnya. Bahkan bisa memengaruhi seluruh muka.

Selain nikel, ada juga bahan atau zat alergen lainnya, seperti debu, bulu binatang, sabun detergen, maupun tanaman, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menghentikan pemakaian dan menjauhkan diri dari zat-zat alergen, kemudian berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan pereda alergi tersebut.

Sebagai langkah penanganan awal bisa dengan mengompres area gatal-gatal dengan kompres dingin, menggunakan pelembab, dan mencuci muka dengan air dingin. Usahakan untuk tidak menggaruk muka Anda.

Namun dalam beberapa kasus, apabila tidak terlalu parah, penghentian penggunaan sudah cukup sebagai cara mengatasi permasalahan tersebut.

 

  1. Kondisi Kulit Tertentu

Selain faktor eksternal, penyebab kulit wajah gatal juga bisa dari tubuh Anda sendiri. Salah satunya adalah karena penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Misalnya cacar air, eksim, biduran, dermatitis seboroik, kurap, atau herpes zoster.

Biasanya akan ada gejala tambahan, seperti kulit memerah, mengelupas, ruam, timbul bercak maupun bintik hitam meradang. Bahkan dalam beberapa kondisi rasa gatal yang dirasakan sangat hebat.

Jika Anda mengalami hal ini yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab kulit wajah gatal dengan berkonsultasi pada dokter. Sebab beda penyakit akan mendapatkan penanganan maupun obat berbeda.

Sebaiknya, hindari melakukan diagnosis sendiri dan meminum obat-obatan warung atau membeli sendiri di apotek tanpa resep. Sebab bisa saja salah mengonsumsi obat dan malah memperparah keadaan Anda.

  1. Efek Samping Obat-obatan Maupun Produk Skincare

Penyebab kulit wajah gatal lainnya karena konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik, obat antijamur, aspirin, opioid, atau obat-obatan kanker. Biasanya gejala mulai dari gatal ringan hingga berat, ruam, kulit kemerahan, dan beruntusan.

Untuk menanganinya bisa dengan berhenti mengonsumsi obat tersebut. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan bisa konsultasikan ke dokter untuk mengganti obat, mengurangi dosis, atau cara penanganan lainnya.

Bukan hanya obat-obatan, ternyata skincare maupun perawatan kecantikan yang Anda pakai juga bisa menjadi pemicu gatal. Terutama jika ada bahan di dalamnya tidak sesuai dengan kondisi Anda, misalnya mengandung zat aditif atau alergen.

Sebelum menggunakan skincare tertentu atau memilih perawatan di dokter kecantikan pastikan untuk melihat komposisinya dahulu. Terutama apabila Anda memang sudah punya alergi terhadap suatu zat.

  1. Kanker Kulit

Penyebab kulit wajah gatal berikutnya cukup gawat, yaitu dikarenakan kanker kulit. Umumnya ditandai dengan bintik baru atau perubahan pada jaringan epidermis. Pada area tersebut biasanya akan muncul rasa gatal tanpa sebab.

Hal ini dipicu reaksi kulit terhadap tumor atau kanker di area tersebut atau area dalam tubuh. Biasanya akan terus bertambah seiring waktu dan tidak mereda dengan mudah.

Satu-satunya cara untuk menghentikan kondisi ini adalah Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Ada beberapa cara pengobatan dapat dilakukan biasanya fokus pada pengobatan kanker atau tumor itu sendiri.

Kemoterapi, terapi radiasi, crytherapy, imunoterapi, dan tindakan eksisi bedah dilakukan untuk menangani masalah ini. Selain itu, penderita juga akan diberikan obat kortikosteroid oral maupun inhibitors.

Penanganannya akan memakan waktu dan kondisi gatal-gatal pada kulit mungkin akan terjadi berkelanjutan hingga tumor atau kanker dapat disembuhkan.

  1. Gejala dari Penyakit

Terkadang gatal-gatal yang Anda rasakan bukan hanya sesuatu enteng dan bisa menghilang begitu saja. Tidak sedikit kasus gatal-gatal berakhir dengan diagnosis penyakit tertentu. Biasanya tergantung pada area gatal dan tingkat keparahannya.

Sebagai contoh gata-gatal pada area wajah yang disebabkan oleh diabetes atau HIV. Penyakit lainnya seperti permasalahan dalam darah, ginjal, hati, maupun kelenjar tiroid.

Jika terlalu parah maka bisa mengganggu suasana hati juga tidur Anda sehingga akan merembet ke permasalahan kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, bagi penderita akan disarankan untuk berkonsultasi pada ahlinya.

Tidak semua kondisi mengharuskan meminum obat, dokter bisa menyarankan penggunaan krim atau salep sebagai penahan maupun untuk menghilangkan gatal-gatal. Akan tetapi, jika terus bertambah parah akan diberikan obat sistematik pada penderita.

Selain beberapa penyebab di atas, gatal-gatal pada wajah juga bisa terjadi akibat kerusakan saraf. Gejalanya mungkin disertai dengan kesemutan. Biasanya gatal-gatal akan terkonsentrasi pada satu titik.

Untuk kondisi khusus seperti ini, umumnya diperlukan perawatan langsung oleh dokter dan harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Kesimpulannya, apabila Anda mengalami gatal-gatal pada wajah ada banyak kemungkinan pemicunya. Bisa dari luar maupun dalam, misalnya karena zat alergen, serangga, obat-obatan, bahkan disebabkan penyakit tertentu.

Jadi, sangat penting untuk mengetahui penyebab kulit wajah gatal sehingga tahu bagaimana cara pengobatan yang paling tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *