Apa Itu Penyakit Tipes? Gejala Dan Mengobati
copyright image : alodokter.com

Apa Itu Penyakit Tipes? Gejala Dan Mengobati

INDONESIACENDEKIA.ID – Apa Itu Penyakit Tipes? Gejala Dan Mengobati, Tifus atau typhus ialah istilah untuk penyakit yang disebabkan karena bakteri Rickettsia dan Orientia. Penyakit ini bisa menyebar lewat gigitan kutu atau tungau yang terkena. Tipes bisa mengakibatkan demam, sakit di kepala, sampai ada ruam merah di kulit.

Penyakit Tipes? Gejala Dan Mengobati berlainan dengan types atau demam tifoid. Tifus ialah penyakit karena infeksi bakteri Rickesttsia dan Orientia. Dan types ialah penyakit yang disebabkan karena bakteri Salmonella typhii dan menyebar lewat minuman atau makanan yang tercemar.

Pada umumnya, tifus terdiri jadi tiga tipe, yakni :

1. Tipes Pandemik

Tifus pandemik banyak terjadi di Amerika tengah, Amerika Selatan, Afrika, dan Cina Utara. Pasien tifus pandemik yang sudah pulih masih beresiko terkena kembali di masa datang.

2. Tipes Epidemik Atau Murin

penyakit tipes epidemik atau murin banyak terjadi di Amerika Serikat, khususnya di California, Hawai, dan Texas. Bakteri pemicu tifus murin bisa menyebar lewat kutu pada tikus. Tipe tifus ini jarang-jarang mengakibatkan infeksi berulang-ulang.

3. Tipes Crub

penyakit tipes ini jadi permasalahan kesehatan yang serius di beberapa negara Asia Pasifik, seperti Korea, Cina, Indonesia, dan Thailand. Tifus scrub sebagai tipe yang paling beresiko dan bisa mengakibatkan tidak berhasil organ jika tidak selekasnya diatasi.

Tanda-tanda dan Pemicu Tipes

Tanda-tanda penyakit tipes? Gejala Dan Mengobati bisa bervariatif, bergantung pada tipe yang dirasakan pasien. Tanda-tanda tifus biasanya akan ada 5-14 hari sesudah seorang terkena. Beberapa gejala dan tanda tifus yang biasa terjadi ialah :

  • Demam
  • Sakit di kepala
  • Ngilu otot
  • Ruam merah di kulit
BACA JUGA   4 Penyebab Tangan Sering Kesemutan Dan Gejala Penyakit Apa?

penyakit tipes disebabkan karena bakteri Rickettsia typhi, Rickettsia prowazekii, atau Orientia tsutsugamushi. Penebarannya dapat lewat gigitan kutu, tungau, atau kutu.

Baca Juga : 5 Deretan Pemicu Flu yang Tidak Bisa Anda Remehkan

penyakit tipes lebih beresiko terjadi ke orang yang tinggal di daerah padat warga dan tidak terbangun kebersihannya. Seorang rawan diserang tifus bila bertandang ke daerah yang banyak terjadi tifus

Penyembuhan dan Penangkalan Tifus

Penyembuhan dengan pemberian beberapa obat. Supaya hasilnya optimal, beberapa obat itu perlu diminum selekasnya sesudah tanda-tanda tifus ada. Maka dari itu, selekasnya kontrol diri ke dokter jika alami tanda-tanda tifus untuk memperoleh pengatasan yang cepat dan tepat.

Sampai sekarang ini tidak ada vaksin untuk menahan penyakit tipes. Tetapi, ada usaha yang bisa dilaksanakan untuk menahan gempuran bakteri pemicu tifus. Triknya diantaranya dengan jaga kebersihan diri dan rumah, dan menghindar contact dengan hewan yang bawa infeksi tifus, seperti tikus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *