5 Deretan Pemicu Flu yang Tidak Bisa Anda Remehkan
copyright : https://www.alodokter.com/

5 Deretan Pemicu Flu yang Tidak Bisa Anda Remehkan

5 Deretan Pemicu Flu yang Tidak Bisa Anda Remehkan

Tiap orang tentu pernah terserang flu sekurang-kurangnya sekali dalam kehidupannya. Infeksi virus influenza memanglah bisa serang siapa saja di semua umur, baik anak-anak atau orang dewasa.

Ketahui beragam flu, sebagai salah satunya cara agar Anda dapat menghindari penyakit ini.

Flu Virus influenza

Flu atau influenza ialah infeksi pernafasan menyebar yang disebabkan karena virus.  sebagai pemicu flu ialah virus influenza. Ada banyak tipe virus influenza, yakni influenza type A, B, dan C.

Dari ke 3 virus itu, type A dan B umumnya mengakibatkan flu yang memiliki sifat angin-anginan, sementara influenza type C umumnya jadi pemicu masalah pernafasan.

Baca Juga : Setop Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Mau Terkena Kanker, Khususnya Alkohol!

Anda dapat terkena virus influenza bila mengisap recikan air liur (droplet) yang keluar mulut orang sakit flu saat mereka batuk dan bersin tidak tutup mulut. Virus influenza dapat menyebar melalui bicara sama orang yang sakit flu.

Selainnya lewat contact udara, langkah penyebaran influenza bisa terjadi saat Anda sentuh mata, hidung, atau mulut sesudah menggenggam beberapa benda yang tercemar virus.

Infeksi ini mempengaruhi hidung, kerongkongan, dan paru-paru (mekanisme pernafasan). Bila tidak diatasi secara tepat, beberapa jenis flu itu dapat beralih menjadi infeksi serius yang mencelakakan penderitanya.

Dalam kasus yang jarang ada, peluang bisa terjadi kompleksitas flu yang beresiko mengakibatkan kematian.

Umumnya, tanda-tanda flu akan ada lebih kurang 24-48 jam sesudah Anda terkena virus ini. Tubuh pegal, ngilu otot di sekujur badan, demam, hidung mampet, dan pilek sebagai beberapa tanda-tanda flu yang paling ciri khas.

Apa saja resiko pemicu flu?

Anda bisa jadi terserang penyakit influenza tanpa pemicu. Kemungkinan Anda tidak berasa ada orang yang sakit disekitaran, tetapi mendadak jadi sakit flu.

Walau Anda sendiri tidak paham darimanakah asal-usulnya, ada beberapa factor resiko pemicu flu yang kemungkinan tidak Anda ketahui. Beberapa pemicu yang tingkatkan resiko Anda terkena virus influenza dapat dari factor lingkungan atau rutinitas Anda setiap hari.

Berikut beragam factor badan lebih rawan diserang virus influenza:

1. Peralihan Cuaca

Banyak orang kemungkinan lebih gampang diserang flu saat musim penghujan daripada musim panas. Ini karena virus pemicu flu gampang berkembang dalam temperatur dingin dan udara yang kering.

Virus influenza lebih gampang menebar saat cuaca dingin karena beberapa orang lebih sukai bergabung dalam ruangan dengan jendela tertutup.

Ini membesarkan resiko Anda mengisap udara yang serupa sama, yang mungkin memiliki kandungan virus influenza.

2. Kekurangan Tidur

Tidur ialah keperluan fundamental tiap manusia supaya badan selalu fit. Sayang, banyak yang tidak paham rutinitas bergadang atau tidur tengah malam menjadi pemicu kita mudah terkena flu.

Rutinitas jelek satu ini, semakin lama akan berpengaruh pada kesehatan secara detail, khususnya mekanisme ketahanan tubuh.

Saat tidur, badan umumnya akan menghasilkan hormon sitokin untuk menantang infeksi dan penyakit pada tubuh. Tetapi, bila Anda kekurangan tidur, badan tidak melepas sitokin seperti mestinya.

Mengakibatkan, kekuatan mekanisme imun untuk menantang kuman akan menurun, hingga Anda lebih rawan terkena virus influenza. Hal itu bisa semakin bertambah jelek bila pada waktu itu cuaca sedang jelek dan Anda pun depresi.

Keperluan tidur orang dewasa  ada di angka 7-8 jam tiap malamnya . Maka, yakinkan Anda cukup tidur agar tidak mudah sakit, ya!

3. Kurang Minum

Mayoritas badan Anda tersusun dari air. Sayang, beberapa orang tidak mengetahui jika kurang minum dapat menjadi salah satunya factor resiko pemicu terjangkit virus influenza.

Saat badan kurang cairan atau dehidrasi, peranan dan kerja organ badan akan terusik. Mengakibatkan, Anda kemungkinan semakin lebih rawan untuk alami beberapa permasalahan kesehatan.

Selain itu, konsumsi cairan yang cukup menolong jaga mulut, hidung, dan kerongkongan Anda masih tetap lembap. Bila mulut, hidung, dan kerongkongan kering, Anda lebih gampang untuk terkena penyakit yang terkait dengan mekanisme pernafasan, seperti flu.

Untuk menahan penyakit flu, yakinkan Anda minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Tetapi sebenarnya, keperluan air tiap orang berbeda. Anda sendirilah yang mengetahui berapa banyak air yang diperlukan. Pokoknya, minumlah setiap Anda berasa haus (atau bahkan juga awalnya) hingga keperluan cairan badan masih tetap tercukupi.

4. Kurangnya Vitamin D

Kurangnya vitamin D rupanya bisa juga menjadi salah satunya factor resiko pemicu flu. Sejauh ini banyak orang menduga jika vitamin D berguna untuk kesehatan tulang dan otot. Kenyataannya, vitamin D berperanan untuk menahan infeksi pernafasan kronis.

Dalam riset itu dijumpai jika konsumsi vitamin D yang cukup menolong menahan infeksi virus pemicu influenza, bronkitis, dan pneumonia.

Selain itu,  laporan jika kurangnya vitamin D terkait dengan menurunnya mekanisme ketahanan tubuh. Sama seperti yang kita mengetahui, saat mekanisme imun kurang kuat, badan semakin lebih rawan terserang beragam penyakit, terhitung flu.

Untungnya, vitamin D terhitung salah satunya vitamin yang paling gampang didapat. Dengan berjemur di bawah cahaya matahari pagi sepanjang 10-15 menit, Anda telah memperoleh beberapa konsumsi vitamin D.

Selainnya dari matahari, Anda bisa juga memperoleh konsumsi vitamin D dari makanan yang dimakan setiap hari. Beberapa salah satunya seperti ikan, kuning telur, susu, hati sapi, dan jamur.

5. Tangan Tidak Bersih

Setiap hari, tangan Anda akan bersinggungan dengan beberapa benda yang mungkin telah bersarang  oleh beberapa kuman penyakit. Gagang pintu, telephone, keyboard computer, dan benda lain tanpa Anda ketahui bisa jadi telah tercemar virus.

Rutinitas menggenggam muka, seperti pipi, hidung, mulut atau mata tanpa sadar dapat beresiko mengalihkan virus influenza dari tangan yang kotor ke badan. Mengakibatkan, Anda terkena influenza.

Itu penyebabnya, rajin-rajinlah membersihkan tangan dan kebersihan diri Anda. Tangan yang kotor membuat kuman cepat menebar dan memacu beragam penyakit. Tetapi, yakinkan Anda bersihkan tangan secara betul.

Bersihkan tangan harus minimal sepanjang 20 detik dan dilaksanakan saat:

  • Sebelum serta sesudah berkunjung ke tempat orang yang sakit
  • Saat sebelum dan seduah mepersiapkan makanan
  • Saat sebelum makan
  • Sebelum serta sesudah menyembuhkan cedera
  • Sesudah membuang sampah
  • Sesudah bersin, batuk, atau keluarkan ingus
  • Sesudah selesai menggunakan kamar mandi
  • Seletah mengganti popok bayi

Ingat, Anda bisa mempertahankan kesehatan hingga terbebas dari paparan virus pemicu flu dengan jalani hidup yang lebih sehat. Baik itu melalui konsumsi makanan yang pas dan langkah jaga kebersihan individu yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *