Hidung Berasa Sakit dan Perih? Ini Pemicu dan Langkah Menanganinya
copyright image : hellosehat.com

Hidung Berasa Sakit dan Perih? Ini Pemicu dan Langkah Menanganinya

Hidung Berasa Sakit dan Perih? Ini Pemicu dan Langkah Menanganinya

Hidung berasa sakit dan perih dapat terjadi karena iritasi pada aliran hidung atau keadaan klinis tertentu. Langkah menangani keadaan ini bergantung pada pemicunya yang perlu Anda ketahui.  Langkah menangani hidung berasa sakit dan perih

Sudah pernahkah Anda alami hidung berasa sakit dan perih? Keadaan ini biasanya dipacu oleh iritasi di aliran hidung atau karena keadaan klinis tertentu. Kesan sakit dan perih ini dapat berjalan singkat atau dalam waktu lama hingga membuat Anda tidak nyaman. Untuk menangani permasalahan ini, Anda perlu ketahui pemicu hidung berasa sakit dan perih lebih dulu. Anda pun tak perlu cemas terlalu berlebih karena keadaan ini biasanya dapat ditangani.

Baca Juga : Langkah Menangani Asam Lambung Naik Secara Alami

Beberapa pemicu hidung berasa sakit dan perih yang perlu Anda cermati, yakni :

1. Udara Dingin

Terkena udara dingin atau ada di ruang ber-AC dalam waktu lama bisa hilangkan kelembapan selaput lendir dalam hidung. Mengakibatkan, hidung jadi kering dan iritasi hingga memunculkan merasa sakit dan perih. Bahkan juga, Anda bisa juga mendapati darah dalam kotoran hidung.

2. Iritasi karena Mengisap Zat atau Bahan Kimia

Hidung berasa sakit Mengisap zat atau bahan kimia akibatkan hidung sakit dan perih, Mengisap zat atau bahan kimia tertentu dapat membuat aliran hidung jadi kering dan iritasi. Anda akan rasakan perih di hidung yang kesannya seperti tersengat. Keadaan ini bisa dipacu oleh paparan asap rokok, bahan kimia industri, bahan kimia dalam produk pencuci, sampai gas seperti klorin atau amonia.

3. Bentrokan atau Gesekan

Mengupil terlampau keras atau bentrokan di hidung bisa mengakibatkan hidung berasa sakit dan perih. Anda pun kemungkinan alami mimisan karena pembuluh darah dalam hidung dapat hancur karena gesekan atau bentrokan.

4. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi ialah infeksi pada rongga hidung karena reaksi alergi. Keadaan ini terjadi sesudah Anda terkena penyebab alergi, seperti debu, bulu-bulu hewan piaraan, serbuk sari, atau jamur. Anda bisa juga alami hidung berasa sakit dan perih karena iritasi yang terjadi dalam hidung. Disamping itu, ada juga beberapa gejala yang lain dapat ada, seperti batuk-batuk, kelopak mata bengap, dan gatal di kulit.

5. Sinusitis

Sinusitis mengakibatkan pilek terjadi karena infeksi bakteri atau virus, Sinusitis ialah infeksi pada sinus (rongga kecil di hidung yang hasilkan lendir) karena infeksi bakteri atau virus. Selainnya mengakibatkan pilek atau hidung mampet, keadaan ini bisa juga membuat hidung berasa sakit dan perih. Peluang tanda-tanda sinusitis yang lain yang bisa Anda rasakan, yakni ngilu di pipi dan dahi, sakit di kepala, hidung keluarkan lendir hijau, sakit kerongkongan, menetesnya lendir ke kerongkongan, batuk, sampai demam yang mengusik.

6. Flu

Flu terkadang bisa juga mengakibatkan hidung berasa sakit dan perih. Keadaan ini terjadi karena infeksi virus influenza pada aliran pernafasan. Tanda-tanda flu bisa sekitar dari enteng sampai berat. Disamping itu, Anda bisa juga rasakan ngilu di sekujur badan, kecapekan, batuk, sakit kerongkongan, dan demam.

Pada beberapa kasus, pasien Covid-19 yang alami hidung mampet dan pilek bisa juga rasakan sakit dan perih di hidungnya. Langkah menangani hidung berasa sakit dan perih tergantung pada pemicunya . Maka, dibutuhkan pengecekan ke dokter THT untuk mendapati pemicu dan tentukan pengatasan yang akurat.

Selain itu, ada perawatan di dalam rumah yang dapat Anda coba kerjakan untuk menurunkan tanda-tanda, salah satunya:

1. Mengisap Uap atau Mandi Air Hangat

Bila Anda alami hidung tersumbuat yang dibarengi rasa perih dan ngilu, coba mengisap uap atau mandi air hangat. Ini bisa menggairahkan lendir untuk keluar hingga hidung Anda jadi lebih plong.

2. Jangan Keluarkan ingus dari Hidung terlampau Kuat

Tidak boleh keluarkan ingus terlampau keras .Bersihkan atau keluarkan ingus terlampau keras dapat jadi parah keadaan hidung berasa sakit dan perih . Maka, seharusnya jauhi lakukan hal itu sampai keadaan Anda lebih baik.

3. Konsumsi Makanan yang Bergizi Serta Sehat

Anda dapat perbanyak mengonsumsi makanan yang bergizi serta sehat, misalkan sayur, buah-buahan, daging, kacang-kacangan, dan beberapa bijian. Konsumsi beragam makanan ini bisa menolong percepat rekondisi badan Anda.

4. Jauhi Konsumsi Makanan yang Memberikan Rangsangan Berlebihan Pada Hidung

Makanan pedas, berminyak, dan dimasak dapat memberikan rangsangan berlebihan pada hidung hingga membuat makin perih. Oleh karenanya, jauhi konsumsi beragam tipe makanan ini lebih dulu.

5. Istirahat dengan Cukup

Yakinkan Anda istirahat dengan cukup agar energi badan dapat berisi kembali. Rutinitas ini berguna dalam tingkatkan ketahanan tubuh Anda. Hidung gatal terhitung salah satunya permasalahan hidung yang tersering dirasakan oleh beberapa orang. Bila gatal terjadi cuma sekali atau 2x, biasanya tidak mengakibatkan permasalahan.

Tetapi, jika gatal terjadi secara terus-terusan, keadaan ini tentu saja akan mengusik kegiatan setiap hari. Untuk menanganinya, ada cara-cara yang bisa dilaksanakan untuk menyingkirkan permasalahan hidung gatal ini.

Pemicu Hidung Gatal

Hidung gatal bisa terjadi sepanjang beberapa menit atau berjalan lama. Sering gatal yang dirasa tidak tertahan, bahkan juga dibarengi dengan bersin atau mata berair. Gatal pada hidung ini bisa disebabkan karena beragam hal, dimulai dari keadaan yang tidak beresiko sampai permasalahan serius. Kemungkinan-kemungkinan pemicu hidung gatal, salah satunya :

1. Hidung Kering

Udara yang dingin, kering, atau kebanyakan buang ingus bisa membuat rongga hidung jadi kering. Ini dapat mengakibatkan gatal pada hidung. Selainnya gatal, hidung bisa juga berasa tidak nyaman dan sakit apa lagi saat dikorek.

2. Benda Asing

Ada benda asing yang masuk ke dalam hidung bisa mengakibatkan gatal hidung. Keadaan ini banyak dirasakan oleh anak-anak. Benda asing yang masuk ke hidung biasanya berbentuk pasir, serbuk, serangga, dan beberapa benda kecil yang lain.

3. Virus

Saat pilek, hidung Anda dapat berasa gatal. Ini disebabkan karena virus influenza yang mengontaminasi hidung. Tidak cuma gatal, infeksi virus ini mengakibatkan Anda keluarkan ingus dan alami bersin-bersin sebagai langkah alami badan dalam keluarkan kuman. Selainnya influenza, virus yang lain yang mengontaminasi pernafasan, seperti virus corona kemungkinan mengakibatkan ini. Mekanisme imun akan coba menantang virus itu hingga muncul beragam tanda-tanda yang hendak Anda alami.

4. Alergi

Alergi terjadi saat badan terkena oleh alergen (penyebab alergi) tertentu hingga dapat memperlihatkan reaksi alergi yang tidak biasa, satu diantaranya ialah gatal hidung. Pemicu alergi hidung dapat berbagai macam, dimulai dari alergi pada bulu-bulu hewan, serbuk sari, debu, dan sejenisnya. Tanda-tanda rhinitis alergi itu yang dapat Anda alami, yakni hidung mampet, mata gatal dan berair, kelopak mata bengap, ruam, dan yang lain.

5. Iritasi

Iritan tertentu, seperti asap, aroma, zat kimia, dan produk pencuci, sanggup membuat iritasi aliran hidung (rhinitis nonalergi) saat terisap. Keadaan ini akan memunculkan tanda-tanda yang serupa dengan pilek, satu diantaranya berbentuk gatal hidung.

6. Sinusitis

Sinus ialah infeksi pada rongga kecil yang sama-sama tersambung lewat aliran udara dalam tulang tengkorak. Sinus bisa memiliki sifat kronis (cuma berjalan dalam sekejap) atau akut (berjalan dalam waktu yang lama). Keadaan ini bisa mengakibatkan gatal hidung sepanjang sekian hari sampai minggu, dan juga bisa dibarengi tanda-tanda lain, seperti kecapekan, ngilu disekitaran mata, atau susah bernapas.

7. Polip Hidung

Polip hidung ialah tonjolan bukan kanker yang berada pada susunan aliran hidung. Keadaan ini lebih umum terjadi ke orang yang menanggung derita sinusitis akut. Hidung gatal sebagai salah satunya tanda-tanda yang kemungkinan dirasa dari permasalahan ini. Polip hidung yang memiliki ukuran besar dapat mengakibatkan permasalahan pernafasan dan lenyapnya indra penciuman.

8. Tumor Hidung

Tumor hidung ialah tonjolan yang tumbuh dalam atau disekitaran aliran hidung. Tumor ini dapat memiliki sifat jinak atau garang. Tidak cuma hidung gatal, orang yang mempunyai tumor hidung kemungkinan alami tanda-tanda penyumbatan hidung, tidak bisa menghirup bau, atau memunculkan cedera dalam hidung.

Langkah Menangani Hidung Gatal

Hidung gatal akan membuat pasiennya tidak nyaman, apa lagi bila susah ditiadakan. Untuk menangani gatal pada hidung, ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan, diantaranya:

1. Menghindar Penyebab

Bila hidung gatal disebabkan karena alergi atau iritasi, karena itu Anda perlu menghindar beragam penyebab itu. Karena, bila Anda terus terkena oleh alergen atau iritan tertentu, karena itu keadaan hidung gatal yang dirasakan justru akan makin lebih buruk.

2. Menyemprot Air Garam

Menyemprot air garam pada hidung bisa menolong bersihkan hidung hingga menurunkan gatal yang dirasa. Anda perlu rebus 1 ltr air dan diamkan dingin. Lantas, tambah ¼ sendok teh garam lalu aduk sampai terlarut. Tuang larutan ke semprotan yang bersih untuk mempermudah Anda memakainya. Seterusnya, semprot ke dalam hidung untuk merehidrasinya.

3. Minum Banyak Air Putih

Jaga badan masih tetap terhidrasi bisa membuat hidung tidak lagi kering hingga rasa gatal juga berangsur lenyap. Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari dan beristirahatlah dengan cukup, apa lagi bila Anda sedang flu.

4. Mengisap Uap

Dalam menangani hidung gatal, Anda dapat mengisap uap dari air panas yang bisa menolong bersihkan hidung. Tambahkan air panas ke mangkok, lalu tutupi kepala Anda memakai handuk saat mengisapnya.

5. Membasuh Hidung

Mencuci hidung memakai air bersih bisa menolong hilangkan gatal di hidung. Jauhi mengorek hidung, khususnya memakai tangan yang kotor, karena bisa mengakibatkan iritasi.

6. Memakai Humidifier

Humidifier bisa menambahkan kelembapan udara di dalam ruang. Alat ini bisa menolong hidung jadi lembap dan rasa gatal juga lenyap.

7. Pemakaian Obat

Obat semprot hidung bisa menolong memudahkan rasa gatal di hidung. Sementara, bila pemicu hidung gatal yang Anda rasakan ialah alergi, Anda kemungkinan membutuhkan obat antihistamin.

Bila gatal pada hidung yang Anda alami tidak juga lenyap, makin kronis, atau dibarengi tanda-tanda lain, seharusnya selekasnya kontrol diri Anda pada dokter. Dokter akan lakukan analisis dan tentukan pengatasan yang pas untuk menangani permasalahan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *