Jenis Rempah untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Alami

Jenis Rempah untuk Kesehatan Sebagai Obat Herbal Alami

Banyak orang telah mengetahui manfaat rempah untuk kesehatan selain sekedar menambah lezat masakan. Obat herbal alami ini juga cukup aman dikonsumsi secara rutin tanpa harus khawatir dengan adanya efek samping.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah sehingga tidak sulit menemukan berbagai bahan-bahan dapur ini. Anda bisa membelinya baik di pasar tradisional maupun di swalayan.

Rempah untuk kesehatan kini sudah banyak tersedia dalam bentuk produk jamu atau suplemen sehingga menjadi lebih praktis dalam mengonsumsinya. Setiap bahan herbal ini memiliki khasiat masing-masing sesuai dengan kandungan di dalamnya.

Khasiat-khasiat yang terkandung di dalamnya ampuh dalam mengatasi beragam gejala penyakit karena senyawa di dalamnya. Obat herbal ini tidak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun bisa mengatasi penyakit ringan hingga menjaga jantung.

Jenis-jenis Rempah untuk Kesehatan

Ada cukup banyak rempah-rempah untuk menjaga kesehatan, sehingga Anda perlu mengetahui jenis-jenis serta kandungan di dalamnya agar pengolahannya mendapat hasil terbaik. Berikut adalah beberapa rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai obat herbal.

  1. Jahe

Jahe sangat populer dan banyak digunakan sebagai penambah rasa pada masakan agar lebih nikmat. Selain itu, sensasi hangat membuat Jahe sangat cocok ditambahkan pada minuman-minuman tradisional seperti wedang, bajigur, STMJ, dan lainnya.

Rempah untuk kesehatan ini sendiri bisa membuat ternggorokan maupun pencernaan lebih nyaman, selain itu bisa juga mengurangi mual pada ibu hamil atau ketika mabuk kendaraan. Jahe juga bisa meredakan rasa nyeri pada sakit persendian maupun pegal-pegal.

Jahe memiliki lebih banyak khasiat sehingga membuatnya sangat sering ditemukan pada obat-obatan maupun jamu tradisional. Anda juga bisa mengolahnya sendiri dengan sederhana dan mengonsumsinya secara rutin.

  1. Kunyit

Terkenal sebagai rempah untuk kesehatan, bumbu dapur ini tidak hanya sebagai penambah nikmat makanan namun juga digunakan dalam pengobatan. Cukup banyak orang menjadikannya jamu dengan meminumnya secara langsung.

Kunyit bisa mengurangi nyeri, sehingga sering digunakan mengatasi kram perut pada wanita yang sedang datang bulan. Selain itu, mengonsumsinya secara rutin juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Sampai saat ini, belum ditemukan efek samping mengonsumsi kunyit dalam dosis rendah. Meski begitu, ada baiknya tidak berlebihan mengonsumsinya karena bisa menimbulkan beberapa keluhan seperti mual, sakit kepala, bahkan hingga risiko kanker.

  1. Kencur

Kencur juga menjadi salah satu rempah untuk kesehatan yang sering ditemukan pada olahan jamu atau obat herbal. Di dalam ekstrak kencur terdapat zat sitotoksik serta antibakteri yang jumlahnya cukup banyak sehingga sangat berkhasiat pada tubuh.

Senyawa di dalam kencur itu bisa dijadikan obat  diare. Bukan hanya itu saja, kencur juga bisa digunakan untuk penambah nafsu makan, sesak napas, pilek, sakit kepala, juga gangguan pencernaan maupun sakit perut.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis rimpang yang hampir mirip kunyit, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan mulai dari batang, daun, bunga, serta rimpangnya. Selain itu kandungan serta khasiat dari keduanya juga berbeda.

Temulawak tidak hanya sebagai penyedap masakan namun juga bisa untuk pewarna alami makanan maupun kosmetik. Anda juga bisa menyeduhnya sebagai minuman atau menggunakannya sebagai obat herbal.

Manfaat rempah untuk kesehatan ini juga sangat banyak, salah satunya dalam mengatasi permasalahan pencernaan. Temulawak bisa meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan perut kembung, juga bisa membantu melancarkan pencernaan.

  1. Kayu Manis

Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu makanan atau tambahan untuk makanan manis. Selain itu, tidak jarang orang-orang menambahkan kayu manis dalam kopi untuk menambah aroma agar lebih harum.

Tidak hanya itu saja, kayu manis juga masuk dalam rempah untuk kesehatan karena memiliki khasiat dalam tubuh. Jika Anda memiliki permasalahan terhadap nafsu makan, maka bisa menggunakan kayu manis untuk membantu mengatasinya.

Kayu manis bermanfaat untuk metabolisme tubuh serta mencegah adanya radikal bebas. Rempah-rempah ini juga bisa menjaga gula darah, membuat jantung lebih sehat, serta menurunkan kolesterol maupun trigliserida.

  1. Serai

Serai mengandung banyak antioksidan, vitamin, maupun mineral, juga memiliki sifat-sifat antibakterial. Hal inilah yang membuat serai dapat dijadikan aromaterapi serta menghambat berkembangan bakteri maupun jamur.

Serai memiliki banyak khasiat seperti melancarkan menstruasi, menurunkan demam, menjaga kadar gula darah, juga menjaga kolesterol tetap stabil. Serai juga dapat dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Rempah untuk kesehatan ini selain diolah dalam masakan, bisa juga diseduh dan dijadikan minuman menyehatkan. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti lemon, gula, atau madu agar rasanya lebih nikmat.

  1. Merica atau Lada

Merica atau lada  memiliki aroma dan rasa kuat, biasanya digunakan untuk bumbu beragam masakan. Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih sedap, namun juga memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Kandungan antioksidan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit serta bisa mencegah kanker. Selain itu, rempah-rempah ini juga mengandung piperine yang dapat meredakan radang.

Piperine pada rempah untuk kesehatan ini juga dapat meningkatkan fungsi otak. Manfaat lainnya dari piperine adalah menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, serta mencegah permasalahan pada pencernaan.

  1. Pala

Pala memiliki aroma dan rasa yang khas pada masakan. Bukan hanya itu, pala bisa menjadi antibakteri yang ampuh, terutama di dalam mulut. Sehingga jika Anda ingin memiliki gigi kuat, sehat, serta napas segar, maka ada baiknya mengonsumsi pala secara rutin.

Tidak hanya mulut saja, mengonsumsi pala juga dapat mengatasi insomnia atau susah tidur. Anda tidak hanya bisa menjadikannya sebagai bumbu dapur, namun juga dapat dinikmati sebagai manisan, sirup, maupun es pala.

  1. Jintan

Sebagai salah satu bumbu dapur, jintan bisa membuat makanan menjadi lebih lezat serta memberikan rasa pedas. Meski demikian jintan juga memberikan khasiat lainnya terutama untuk kesehatan, misalnya saja mempercepat berat badan turun.

  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang harus ada ketika memasak berbagai menu makanan. Biasanya bawang merah digunakan untuk tumis, acar, atau pelengkap seperti bawang goreng.

Bawang merah juga menjadi rempah untuk kesehatan karena kandungan nutrisi sangat kaya, mulai dari vitamin, protein, juga zat besi. Kandungan lainnya seperti asam lemak esensial yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Asam lemak esensial sangat penting, karena jika tubuh kekurangan nutrisi maka bisa mengalami kulit kasar, rambut dan mata kering, serta ketombe. Asam lemak esensial tidak diproduksi tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan maupun minumam.

  1. Bawang Putih

Rempah yang terakhir adalah bawang putih dengan banyak sekali khasiat. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan juga antibakteri sehingga dapat digunakan untuk imunitas, mengobati infeksi jamur, hingga mencegah kanker.

Bawang putih juga dapat mengontrol tekanan darah karena membuat pembuluh darah melebar dan menjadi lebih rileks. Mengonsumsi bawang putih dapat memperlancar aliran darah serta menurunkan tensi.

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan rempah-rempah sebagai bumbu masakan sehingga lebih lezat dan khas. Bukan hanya itu, beberapa di antaranya merupakan rempah untuk kesehatan dengan kandungan berkhasiat di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *