Beragam Pemicu Kurang Tidur dan Langkah Menanganinya
ILUSTRASI (Thinkstock)

Beragam Pemicu Kurang Tidur dan Langkah Menanganinya

INDONESIACENDEKIA.ID Pemicu kekurangan tidur perlu selekasnya ditangani. Jika dibiarkan terus tanpa pengatasan, kekurangan tidur dapat menghalangi kegiatan setiap hari, bahkan juga memunculkan permasalahan kesehatan, baik fisik atau psikis. Orang dewasa memerlukan tidur malam minimal 7 jam setiap hari. Jika Anda tidur kurang dari jumlahnya itu dan berjalan sepanjang beberapa hari, ini pasti dapat berpengaruh pada kesehatan dan keproduktifan.

Kekurangan tidur dapat berpengaruh pada berkurangnya ketahanan badan, timbulnya sakit di kepala, dan bertambahnya resiko kegemukan, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Kekurangan tidur bisa juga memacu fokus turun, peralihan situasi hati, bahkan juga microsleep yang rawan memunculkan kecelakaan saat berkendaraan.

Beragam Pemicu Kurang Tidur

Ketahui pemicu kurang tidur pasti menolong Anda untuk ketahui langkah menanganinya. Kekurangan tidur biasanya seringkali disebabkan karena beberapa hal berikut :

  • Depresi
  • Tidur pada tempat baru atau asing
  • Mengonsumsi minuman mengandung alkohol terlalu berlebih
  • Mengonsumsi minuman mengandung kafein kebanyakan atau dekat jam tidur
  • Tuntutan kerja malam
  • Mimpi jelek

Kekurangan tidur bisa juga disebabkan oleh keadaan klinis tertentu, misalnya:

  • Sleep apnea
  • Masalah otak degeneratif, seperti penyakit Alzheimer atau penyakit Parkinson
  • Cidera kepala
  • Sakit di kepala akut
  • Insomnia
  • Parasomnia
  • Pilek
  • Hidung mampet
  • Restless leg syndrome

Disamping itu, pemicu kekurangan tidur bisa juga karena masalah kesehatan psikis. Masalahnya kesehatan psikis berpengaruh besar pada transisi tidur, begitupun kebalikannya. Gangguan-gangguan kesehatan psikis yang bisa mempengaruhi transisi tidur mencakup:

  • Masalah bipolar
  • Masalah kekhawatiran
  • Masalah cemas
  • Masalah depresi pascatrauma (PTSD)
  • Somniphobia atau takut tidur

Beragam Langkah Menangani Kurang Tidur

Langkah menangani kekurangan tidur dilaksanakan berdasar pemicunya. Jika kekurangan tidur disebabkan karena penyakit tertentu, ini perlu diatasi secara klinis. Misalkan, dengan konsumsi beberapa obat untuk menurunkan tanda-tanda atau mengobati penyakit.

Baca Juga : Penyebab Umum Telinga Terasa Panas dan Penanganan yang Cocok

Disamping itu, peralihan pola hidup dapat menangani kekurangan tidur. Berikut ialah beberapa langkah yang bisa Anda kerjakan:

  • Menghindar minum mengandung alkohol atau minuman yang memiliki kandungan cafein saat sebelum tidur
  • Mengaplikasikan sleep hygiene
  • Mematikan lampu ruang tidur
  • Minum susu hangat
  • Menghindar pemakaian handphone saat sebelum tidur
  • Olahraga dengan teratur
  • Mengaplikasikan skema makan sehat

Anda pun jangan memercayakan obat tidur secara asal-asalan. Pemakaian obat tidur tanpa saran dokter malah dapat memacu imbas negatif untuk kesehatan, misalkan sakit di kepala terus-terusan, masalah pencernaan, bahkan juga rasa mengantuk dapat semakin bertambah kronis. Jika pemicu kekurangan tidur telah Anda coba bereskan dengan peralihan pola hidup tetapi ini masih berjalan lama dan menghalangi kegiatan, tidak boleh sangsi untuk konsultasi sama dokter untuk memperoleh pengatasan sama sesuai pemicunya.

Rekomendasi :

Rekomendasi Robot Forex Gratis Untuk Maksimalkan Trading Anda

Cara Mudah Menentukan Support dan Resistance Forex

Program untuk Mining Bitcoin dari Android

Cara Langkah Mudah Melakukan Analisa Teknikal Forex

Cara Memilih Broker Forex Terbaik di Indonesia

Tidak Boleh Salah, Ini 10 Perusahaan Sekuritas yang Tercatat OJK

Harus Tahu 5 Panduan Baik Usaha Saham, Ditanggung Cuan!

Belajar Memanfaatkan Leverage Forex Untuk Mensukseskan Trading Anda

Bukti Trading Binary Pilihan dan Argumennya Dilarang di Indonesia

Kenapa Dalam Trading Forex Tidak Harus Selalu Menang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *