Langkah Menangani Asam Lambung Naik Secara Alami
image source : suara.com

Langkah Menangani Asam Lambung Naik Secara Alami

Langkah Menangani Asam Lambung Naik Secara Alami

Asam lambung terjadi saat asam lambung naik ke tenggorokan (esofagus), yang disebut aliran yang menyalurkan minuman dan makanan dari mulut ke lambung. Beberapa refluks betul-betul normal dan tidak beresiko, umumnya tidak memunculkan tanda-tanda. Tapi jika terjadi sering, refluks asam lambung bisa membakar sisi dalam tenggorokan. Untuk menghindar asam lambung naik, ada banyak makanan yang penting dijauhi. Satu diantaranya makanan bersantan. Tetapi, pada hari raya Idul Fitri makanan sebagai menu harus ialah opor, gulai, sampai rendang yang memakai santan sebagai material dasar. Apabila sudah demikian kita perlu mengontrol tanda-tanda asam lambung.

sekitaran 20-40 % salah satunya disampaikan didiagnosa mempunyai penyakit refluks gastroesofagus (GERD), yaitu wujud refluks asam lambung yang paling serius. Selainnya heartburn, tanda-tanda umum refluks asam lambung, salah satunya terhitung: Rasa asam pada bagian belakang mulut Kesusahan menela Batuk Asma, Kerusakan atau erosi gigi Radang pada sinus Penyembuhan GERD sendiri kemungkinan membutuhkan obat resep dan kadang pembandinghan atau proses lain.

Baca Juga : Kebaikan Kurma untuk Kesehatan Badan

Bila dibiarkan terus, GERD bisa menghancurkan esofagus secara serius atau mengakibatkan peralihan pra-kanker di esofagus yang disebutkan Barrett’s esofagus. Secara Natural serta dengan Kontribusi Obat Untuk menghindar keadaan lebih kronis

ketahui bermacam menangani asam lambung naik yang  dipraktikkan. Bagaimana saja?

1. Jangan Makan Terlalu Berlebih

Umumnya, asam lambung tidak bisa naik atau keluar ke tenggorokan karena ada penghambat yang disebutkan sfingter esofagus sisi bawah. Sfingter esofagus ialah otot seperti cincin yang alami masih tetap tertutup dan umumnya cuma terbuka saat Anda menelan atau bersendawa. Tetapi, pada pasien refluks asam lambung lambung, otot ini kerap kali menurun atau mungkin tidak berperan. Berikut salah satunya argumen kenapa orang dengan refluks asam lambung alami heartburn.

Asam lambung dapat terjadi jika ada kebanyakan penekanan pada otot, mengakibatkan asam masuk lewat lubang. Karena itu tidaklah heran bila mayoritas tanda-tanda refluks terjadi sesudah kegiatan makan. Nampaknya jika makanan yang semakin besar bisa jadi memperburuk tanda-tanda refluks asam lambung. Oleh karenanya, salah satunya cara yang hendak menolong meminimalisir refluks asam lambung ini ialah menghindar makan dalam jatah besar.

2. Menurunkan Berat Tubuh

Diafragma ialah otot yang berada di atas perut Anda, diafragma dengan alami perkuat sfingter esofagus sisi bawah. Sama seperti yang disebut awalnya, otot ini menahan asam lambung yang terlalu berlebih bocor ke tenggorokan. Tetapi, bila Anda mempunyai kebanyakan lemak perut, penekanan di perut Anda menjadi sangat tinggi hingga sfingter esofagus sisi bawah tergerak ke atas, menjauhi dari penyangga diafragma. Keadaan ini dikenali sebagai hernia hiatus.

Hernia hiatus ialah argumen khusus orang gendut dan wanita hamil alami kenaikan resiko refluks asam lambung dan heartburn. Beberapa study pengamatan memperlihatkan jika berat tubuh berlebihan di tempat perut tingkatkan resiko refluks dan GERD, Di lain sisi, beberapa study memperlihatkan jika pengurangan berat tubuh bisa menurunkan tanda-tanda refluks. Turunkan berat badan harus menjadi satu diantara fokus Anda bila Anda hidup dengan refluks asam lambung.

3. Ikuti Diet Rendah Karbohidrat

Bukti yang berkembang memperlihatkan jika diet rendah karbohidrat bisa menurunkan tanda-tanda refluks asam. Beberapa pakar menyangka jika karbohidrat yang tidak tercerna bisa mengakibatkan perkembangan bakteri yang terlalu berlebih dan kenaikan penekanan dalam perut. Beberapa pakar bahkan juga bertaruh jika ini kemungkinan salah satunya pemicu umum dari refluks asam lambung.

Perkembangan bakteri yang terlalu berlebih disebabkan karena masalah pencernaan dan peresapan karbohidrat. Mempunyai kebanyakan karbohidrat yang tidak tercerna dalam mekanisme pencernaan Anda membuat Anda keluarkan gas dan kembung. Ini condong membuat Anda seringkali bersendawa. Memberikan dukungan ide ini, beberapa riset kecil memperlihatkan jika diet rendah karbohidrat membenahi tanda-tanda refluks. Disamping itu, penyembuhan antibiotik bisa lewat cara berarti kurangi refluks asam, kemungkinan dengan kurangi jumlah bakteri pemroduksi gas.

4. Batasi Konsumsi Alkohol

Minum alkohol bisa tingkatkan keparahan refluks asam dan heartburn. Keadaan ini dapat jadi memperburuk tanda-tanda dengan tingkatkan asam lambung. Mengurangi sfingter esofagus sisi bawah, dan menghancurkan kekuatan esofagus untuk bersihkan diri dari asam. Riset sudah memperlihatkan jika konsumsi alkohol dengan jumlah sedang bahkan juga bisa mengakibatkan tanda-tanda refluks ke orang sehat.

5. Jangan Minum Kopi Terlalu Berlebih

Study memperlihatkan jika kopi untuk saat ini bisa lemahkan sfingter esofagus sisi bawah, dan tingkatkan resiko refluks asam lambung. Beberapa bukti memperlihatkan cafein sebagai peluang pemicunya. Serupa dengan kopi, cafein dapat lemahkan sfingter esofagus sisi bawah. Disamping itu, minum kopi tanpa cafein sudah bisa dibuktikan kurangi refluks dibanding dengan kopi biasa.

Tetapi, sebuah study yang memberikan peserta cafein di air tidak bisa mengetahui dampak cafein pada refluks, walau kopi tersebut jadi memperburuk tanda-tandanya. Penemuan ini memperlihatkan jika senyawa selainnya cafein kemungkinan berperanan dalam dampak kopi pada refluks asam lambung. Pemrosesan dan penyuguhan kopi mungkin saja turut serta. Bila konsumsi kopi membuat Anda alami hearburn, karena itu lebih bagus jauhi saja atau awasi konsumsi Anda. Simak juga: Apakah benar Minum Kopi Dapat Akibatkan Asam Urat?

6. Kunyah Permen Karet

Beberapa riset memperlihatkan jika kunyah permen karet bisa kurangi keasaman di tenggorokan, Permen karet yang memiliki kandungan bikarbonat nampaknya benar-benar efisien untuk manfaat itu. Penemuan ini memperlihatkan jika kunyah permen karet dan kenaikan produksi air liur yang berkaitan bisa menolong bersihkan esofagus dari asam. Tetapi, itu kemungkinan tidak kurangi refluks tersebut.

7. Hindari Bawang Mentah

Sebuah study ke orang dengan refluks asam memperlihatkan jika konsumsi makanan yang memiliki kandungan bawang merah atau bawang bombai mentah secara berarti bisa tingkatkan heartburn. Refluks asam, dan bersendawa dibanding dengan makanan sama yang tidak memiliki kandungan bawang.

Seringkali bersendawa kemungkinan memperlihatkan jika semakin banyak gas dibuat karena tingginya jumlah serat yang bisa difermentasi dalam bawang merah. Bawang mentah dapat membuat iritasi susunan esofagus, mengakibatkan heartburn yang makin kronis. Apa saja argumennya, bila Anda berasa makan bawang mentah membuat tanda-tanda asam lambung naik Anda makin kronis, Anda harus menghindariinya.

8. Batasi Konsumsi Minuman Bersoda

Pasien GERD kadang dianjurkan untuk batasi konsumsi minuman berkarbonasi. Sebuah study pengamatan mendapati jika minuman enteng berkarbonasi dihubungkan dengan kenaikan tanda-tanda refluks asam lambung.

Disamping itu, riset termonitor memperlihatkan jika minum air berkarbonasi atau cola untuk saat ini lemahkan sfingter esofagus sisi bawah, dibanding dengan minum air biasa. Argumen intinya ialah gas karbon dioksida pada minuman berkarbonasi, yang mengakibatkan orang seringkali bersendawa, satu dampak yang bisa tingkatkan jumlah asam yang keluar ke tenggorokan.

9. Jangan Minum Juice Jeruk Kebanyakan

Dalam sebuah riset pada 400 pasien GERD, 72 % memberikan laporan jika juice jeruk atau grapefruit jadi memperburuk tanda-tanda refluks asam lambung mereka. Keasaman buah jeruk nampaknya bukan salah satu factor yang berperan pada dampak ini. Juice jeruk dengan pH netral nampaknya jadi memperburuk tanda-tanda.

Karena juice jeruk tidak lemahkan sfingter esofagus sisi bawah, peluang beberapa konstituennya membuat iritasi susunan esofagus. Walau juice jeruk kemungkinan tidak mengakibatkan refluks asam lambung, minuman ini bisa jadi parah heartburn Anda untuk sebentar.

10. Pertimbangkan Makan Sedikit Cokelat

Pasien GERD kadang dianjurkan untuk menghindar atau batasi konsumsi cokelat. Tetapi, bukti untuk referensi ini kurang kuat. Sebuah riset kecil dan tidak termonitor memperlihatkan jika konsumsi 4 ons (120 ml) sirup cokelat lemahkan sfingter esofagus sisi bawah.

Study termonitor yang lain mendapati jika minuman cokelat tingkatkan jumlah asam di tenggorokan, dibanding dengan plasebo. selanjutnya dibutuhkan saat sebelum ringkasan yang kuat bisa dibikin mengenai dampak coklat pada tanda-tanda refluks.

11. Hindari Mint

Bila diperlukan Peppermint dan spearmint ialah ramuan umum yang dipakai untuk membumbui makanan, permen, permen karet, obat kumur, dan odol. Mereka sebagai bahan terkenal dalam teh herbal.

Sebuah study termonitor pada pasien dengan GERD tidak mendapati bukti untuk dampak spearmint pada sfingter esofagus sisi bawah.Tetapi, riset itu memperlihatkan jika spearmint jumlah tinggi bisa jadi memperburuk tanda-tanda refluks asam, kemungkinan dengan membuat iritasi sisi dalam tenggorokan.

12. Tinggikan Sandaran Kepala Tempat Tidur

Sebagian orang alami tanda-tanda refluks saat malam hari. Ini umumnya bisa mengusik kualitas tidur mereka dan membuat mereka susah tidur, Sebuah study memperlihatkan jika pasien yang mengusung kepala tempat tidur mereka mempunyai adegan dan tanda-tanda refluks yang lebih sedikit, dibanding sama mereka yang tidur tanpa elevasi.

Disamping itu, analitis study termonitor mengaitkan jika mengusung kepala tempat tidur ialah taktik yang efisien untuk kurangi tanda-tanda refluks asam dan heartburn pada malam hari.

13. Jangan Makan Tiga Jam Saat Sebelum Tidur

Orang dengan refluks asam secara umum dianjurkan untuk menghindar makan dalam tiga jam saat sebelum tidur. Walau referensi ini logis, terdapat bukti terbatas yang memberi dukungan. Sebuah study pada pasien GERD memperlihatkan jika makan malam tidak punya pengaruh pada refluks asam, dibanding makan saat sebelum jam 7 malam.

Tetapi, sebuah study pengamatanonal mendapati jika makan dekati jam tidur dihubungkan dengan tanda-tanda refluks yang lebih besar saat orang akan tidur. Dibutuhkan semakin banyak riset saat sebelum ringkasan yang kuat bisa dibikin mengenai dampak makan malam pada GERD. Mungkin saja bergantung pada pribadi.

14. Makan Secara Perlahan-lahan

kembali Merilis WebMD, makan cepat, tidak cuma makanan cepat sajian, bisa tingkatkan resiko naiknya asam lambung sesudah makan, menurut sebuah study baru. Beberapa periset menjelaskan orang yang makan makanannya secara cepat memungkinkan menanggung derita GERD. GERD terjadi saat asam lambung masuk ke tenggorokan dan mengakibatkan tanda-tanda seperti ngilu dada dan heartburn.

Keadaan ini bisa mengakibatkan permasalahan yang lebih serius, seperti persempitan esofagus, pendarahan, atau keadaan prakanker yang dikenali sebagai Barrett’s esofagus. Faktor-faktor pola hidup dijumpai memengaruhi resiko GERD, seperti berat tubuh seorang dan tipe makanan yang mereka makan. Tetapi pada study ini, beberapa periset menyaksikan apa kecepatan makan seorang bisa berperan pada resiko refluks asam dan GERD.

Periset minta 10 relawan sehat untuk konsumsi makanan normal 690 kalori dalam lima atau 30 menit pada beberapa hari berganti-gantian dan memantau mereka sepanjang dua jam sesudah makan untuk ketahui pertanda asam lambung dan GERD. Study itu memperlihatkan jika makanan cepat sajian mengakibatkan keseluruhan 15 adegan GERD dibanding dengan 11,5 adegan GERD yang dipacu oleh makan yang lebih rileks. Adegan refluks asam disampaikan keseluruhan 12,5x sesudah makan lima menit dibanding 8,5x sesudah makan 30 menit. Oleh karenanya, sebagai langkah menangani dan menahan asam lambung naik, Sebaiknya anda makan secara perlahan-lahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *