Makanan yang Kurang Bagus untuk Kesehatan Ginjal, Perlu Anda Tahu

Makanan yang Kurang Bagus untuk Kesehatan Ginjal, Perlu Anda Tahu

Makanan yang Kurang Bagus untuk Kesehatan Ginjal, Perlu Anda Tahu

Sudah diketahui, ginjal sebagai salah satunya organ dalam yang mempunyai peranan penting untuk badan. Ginjal ialah organ yang seperti kacang merah, bekerja memfilter darah, memproses dan keluarkan sampah dan kotoran lewat urin, menghasilkan hormon, menyamakan mineral dan jaga kesetimbangan cairan pada tubuh.

Tanpa ginjal, pasti sampah, bahkan juga toksin pada tubuh tidak bisa keluar, menimbun dan memacu beragam permasalahan kesehatan. Bukan itu saja, tanpa ginjal beberapa mekanisme kerja badan tidak bisa berperan secara baik. Maka dari itu, penting untuk jaga organ ginjal masih tetap sehat hingga bisa bekerja yang baik dan maksimal.

Mempertahankan kesehatan ginjal, dapat dilaksanakan dengan bermacam langkah, satu diantaranya yakni dengan menghindar mengonsumsi makanan yang jelek untuk ginjal. Tipe makanan yang jelek untuk kesehatan ginjal ini mencakup minuman soda, makanan kaleng, daging olahan, sampai makanan instant.

Tidak itu saja, beberapa makanan alami lain seperti tipe buah tertentu, susu, dan roti gandum rupanya perlu dijauhi. Sebetulnya beberapa macam makanan alami ini tidak demikian permasalahan bila dimakan oleh Anda yang mempunyai keadaan sehat dan normal.

Tetapi, untuk orang yang alami masalah batu ginjal, beberapa makanan ini bisa memberi dampak jelek.

Berikut kami meringkas beberapa macam makanan yang jelek untuk kesehatan ginjal, harus dipahami.

Makanan Kurang Bagus Untuk Ginjal di antaranya:

1. Minuman Soda

Tipe makanan yang jelek untuk kesehatan ginjal yang pertama ialah minuman soda. Selainnya memiliki kandungan kalori dan gula tinggi, minuman soda terutamanya soda warna gelap, memiliki kandungan zat aditif fosfor.

Dalam masalah ini, banyak produsen minuman dan makanan menambah fosfor sepanjang pemrosesan untuk tingkatkan rasa, perpanjang usia taruh, dan menahan peralihan warna.

Badan condong mempernyerap fosfor tambahan semakin banyak dibanding fosfor yang ada pada tipe makanan alami, baik hewani atau nabati.

Pada minuman soda warna gelap. dipercaya memiliki kandungan 50-100 mg dalam jatah 200 mililiter. Kandungan ini bisa memberi dampak jelek pada ginjal, terutama untuk pasien batu ginjal.

2. Makanan Kaleng

Tipe makanan yang jelek untuk kesehatan ginjal selanjutnya ialah makanan kaleng. Harus dipahami, mayoritas makanan kaleng memiliki kandungan natrium dengan jumlah tinggi, karena garam dipertambah sebagai pengawet untuk tingkatkan periode simpannya.

Jumlahnya kandungan natrium di pada makanan kaleng, tidaklah aneh bila dokter merekomendasikan untuk orang pasien penyakit ginjal untuk menghindar konsumsi itu.

Anda perlu waspada, karena beberapa makanan kaleng tidak mencantumkan info jumlah natrium didalamnya. Untuk menahan resiko, karena itu jauhi mengonsumsi makanan kaleng.

3. Daging Olahan

Daging olahan termasuk juga salah satunya makanan yang jelek untuk kesehatan ginjal. Daging olahan sudah lama dihubungkan dengan penyakit akut dan biasanya dipandang kurang sehat karena kandungan pengawet yang ada didalamnya.

Daging olahan umumnya memiliki kandungan banyak garam, mayoritas untuk tingkatkan dan menjaga rasa.

Makanan yang banyak terkandung pengawet dan garam seharusnya dijauhi, khususnya untuk jaga ginjal masih tetap sehat.

4. Alpukat

Makanan kurang bagus untuk kesehatan ginjal setelah itu alpukat. Alpukat memang tipe buah yang banyak memiliki nilai nutrisi penting, seperti serat, anti-oksidan, sampai lemak sehat.

Walau demikian, untuk pasien penyakit ginjal dianjurkan untuk menghndari konsumsi buah yang ini.

Argumennya, karena alpukat tinggi kandungan potasium, yang dijumpai bisa memberi dampak jelek bila dimakan terlalu berlebih.

Tetapi, untuk beberapa pasien penyakit ginjal masih bisa masukkan alpukat pada makanan setiap hari, sepanjang batasi jatah konsumsinya.

5. Pisang

Pisang termasuk juga salah satunya makanan kurang bagus untuk kesehatan ginjal. Tidak berbeda jauh seperti alpukat, pisang ialah buah yang mengandung potasium yang tinggi.

Sebuah pisang ukuran sedang sediakan 422 mg potasium.

Untuk pasien penyakit ginjal yang sudah diinstruksi untuk batasi konsumsi kalium, karena itu perlu kurangi konsumsi pisang.

Bila ingin konsumsi pisang, seharusnya konsultasi lebih dulu sama dokter berapakah ukuran jatah yang aman untuk dimakan.

6. Jeruk

Makanan kurang bagus untuk kesehatan ginjal yang penting jadi perhatian seterusnya yakni jeruk.

Jeruk memang kaya kandungan vitamin C dan anti-oksidan, tetapi sayang buah warna ceria ini tinggi akan kandungan potasium.

Satu jeruk besar (184 gr) sediakan 333 mg kalium. Disamping itu, ada 473 mg potasium di dalam 1 cangkir (240 ml) juice jeruk.

Ingat kandungan potasium yang tinggi, Anda perlu batasi konsumsi jeruk bila terhitung salah satunya pasien dengan keluh kesah penyakit ginjal.

7. Roti Gandum

Makanan yang kurang bagus untuk kesehatan ginjal termasuk juga roti gandum. Pada diet sehat, roti gandum utuh terhitung tipe makanan yang kerap direferensikan. Tipe roti ini dijumpai mempunyai kandungan serat yang semakin tinggi serta lebih bergizi dibanding roti putih.

Tetapi, untuk pasien penyakit ginjal, dokter malah menyarankan konsumsi roti putih dibanding roti gandum utuh. Ini tidak lain karena roti gandum mempunyai kandungan fosfor dan kalium yang tinggi. Ingat, pasien penyakit ginjal perlu batasi makanan yang mempunyai dua kandungan ini.

8. Beras Merah

Beras merah perlu dijauhi bila ingin mempertahankan kesehatan ginjal lebih bagus. Seperti roti gandum utuh, beras merah ialah gandum utuh yang mempunyai kandungan kalium dan fosfor semakin tinggi dibanding nasi putih.

Secangkir nasi merah masak memiliki kandungan 150 mg fosfor dan 154 mg potasium, dan 1 cangkir nasi putih masak cuma memiliki kandungan 69 mg fosfor dan 54 mg potasium.

Untuk menahan resiko keadaan yang tambah jelek, untuk pasien penyakit ginjal lebih dianjurkan pada konsumsi nasi putih dibanding nasi merah.

9. Susu

Paling akhir, tipe makanan yang kurang bagus untuk kesehatan ginjal ialah susu. Sama seperti sejumlah tipe makanan yang sudah disebut, susu memiliki kandungan fosfor dan kalium alami yang lumayan tinggi.

Misalkan, 1 cangkir (240 ml) susu murni sediakan 222 mg fosfor dan 349 mg kalium.

Saat konsumsi kebanyakan produk susu, terutama bila digabungkan dengan makanan kaya fosfor yang lain, ini bisa menghancurkan kesehatan tulang, dan memberi dampak jelek pada pasien penyakit ginjal.

Terutamanya, untuk orang yang alami keadaan ginjal hancur, kebanyakan konsumsi fosfor bisa mengakibatkan penimbunan fosfor pada darah, yang bisa menarik kalsium dari tulang.

Ini bisa membuat tulang jadi tipis dan kurang kuat dari hari ke hari dan tingkatkan resiko patah atau tulang patah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *