Apa Itu Tiroid , Ketahui Peran dan Perannya dalam Tubuh

Apa Itu Tiroid , Ketahui Peran dan Perannya dalam Tubuh

Kelenjar tiroid adalah organ kecil yang ada di bagian depan leher, berada di sekitar tenggorokan (trakea). Kelenjar tiroid adalah organ yang mempunyai wujud seperti kupu-kupu, ada segi kecil di tengah dengan 2 sayap lebar yang memanjang di sekitar sisi tenggorokan.

Tiroid adalah kelenjar yang dapat menghasilkan hormon yang membantu mengatur banyak peran penting tubuh.

Tiroid adalah organ yang perlu, karena jika itu mempunyai permasalahan semua tubuh akan mempunyai permasalahan. Jika tubuh menghasilkan umumnya hormon tiroid, makan tubuh akan mengalami satu penyakit yang disebut hipertiroidisme.

Jika tubuh menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid, makan tubuh akan terkena penyakit hipotiroidisme.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tiroid adalah langkah yang penting. Karena, tiroid yang tidak bisa bekerja yang bagus akan membuat semua tubuh terganggu. kondisi tubuh yang terganggu jelas akan membuat Anda terasa tidak nyaman.

Tiroid adalah kelenjar yang memiliki peran penting khususnya di proses metabolisme tubuh. Tiroid memiliki peran untuk melepaskan dan mengatur hormon tiroid yang atur metabolisme.

Metabolisme adalah proses di mana makanan ditukar jadi energi dalam tubuh. Energi ini digunakan di semua tubuh untuk menjaga proses tubuh Anda bekerja secara betul.

Tiroid adalah organ yang atur metabolisme tubuh dengan beberapa hormon detail, takni T4 (tiroksin, mempunyai kandungan empat atom iodida) dan T3 (triiodothyronine, mempunyai kandungan tiga atom iodida).

Tiroid adalah produsen kedua hormon itu. Selain itu, tiroid berperan dalam memberitahukan beberapa sel tubuh, berapa banyak energi yang penting digunakan. Saat tiroid bekerja yang bagus, karenanya jumlah hormon untuk menjaga metabolisme bekerja berada di tingkat yang tepat.

Kerja hormon tiroid dibantu oleh kelenjar pituitari. Kelenjar pituitari berada di tengah tengkorak, di bawah otak Anda. Kelenjar pituitari memiliki peran untuk memantau dan atur jumlah hormon tiroid dalam aliran darah.

Saat kelenjar pituitari rasakan kekurangan hormon tiroid atau kelebihan kandungan hormon, ia akan samakan jumlahnya dengan hormonnya sendiri. Hormon ini disebut hormon perangsang tiroid (TSH). TSH akan dikirim ke tiroid dan akan memberitahukan tiroid apa yang perlu dikerjakan agar tubuh kembali normal.

Penyakit tiroid adalah istilah umum untuk kondisi medis yang membuat tiroid tidak menghasilkan jumlah hormon yang tepat. Tiroid biasanya menghasilkan hormon yang membuat tubuh berperanan normal.

Saat tiroid menghasilkan umumnya hormon tiroid, tubuh cepat kekurangan energi. Kondisi ni disebut hipertiroidisme. Menggunakan energi terlalu cepat tidak cuma membuat seorang cepat lelah, tapi bisa membuat jantung berdetak dapat semakin cepat. Kelebihan kelenjar tiroid ialah kondisi yang bisa menyebabkan berat badan turun dengan menonjol dan sering terasa gugup.

Di sisi lain, tiroid bisa menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid. Kondisi ini disebut hipotiroidisme. Kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan mudah terasa lelah. Selain itu, kelebihan hormon tiroid bisa membuat seorang jadi cepat gemuk.

Kedua permasalahan khusus ini dapat dikarenakan oleh bermacam kondisi. Faktor genetik jadi penyebab munculnya penyakit terkait tiroid.

Penyakit tiroid dapat serang siapa, baik itu pria, wanita, bayi, remaja, dan orang-tua. Bahkan penyakit tiroid bisa serang bayi yang baru lahir. Penyakit tiroid yang serang bayi yang baru lahir biasanya adalah type hipotiroidisme). Penyakit itu bisa alami perubahan bertepatan bertambahnya usia, kerap setelah menopause pada wanita.

Risiko terkena penyakit tiroid dapat menjadi tambah, terutamanya pada sebagian orang yang memiliki kondisi sebagai berikut:

  • Memiliki cerita keluarga dengan penyakit tiroid.
  • Memiliki kondisi medis (ini dapat mencakup anemia pernisiosa, diabetes tipe 1, insufisiensi adrenal primer, lupus, rheumatoid arthritis, sindrom Sj√∂gren, dan sindrom Turner).
  • Minum obat yang tinggi yodium (amiodarone).
  • Berusia lebih dari 60 tahun, terutamanya pada wanita.
  • Pernah lalui pengobatan untuk kondisi tiroid atau kanker periode lalu (tiroidektomi atau radiasi).

Dua type khusus penyakit tiroid adalah hipotiroidisme dan hipertiroidisme. Kedua kondisi itu dapat dikarenakan oleh penyakit lainnya memengaruhi cara kerja kelenjar tiroid.

Kondisi yang dapat menyebabkan hipotiroidisme meliputi:

  • Tiroiditis: Kondisi ini sebagai infeksi (lebam) kelenjar tiroid. Tiroiditis dapat turunkan jumlah hormon yang dibikin tiroid Anda.
  • Tiroiditis Hashimoto: Penyakit tanpa berasa sakit, Tiroiditis Hashimoto adalah kondisi autoimun di mana beberapa sel tubuh serang dan merusak tiroid. Ini adalah kondisi yang di turunkan.
  • Tiroiditis postpartum: Kondisi ini terjadi pada 5% sampai 9% wanita setelah melahirkan. Ini biasanya kondisi sesaat.
  • Kekurangan yodium: Yodium digunakan oleh tiroid untuk menghasilkan hormon. Kekurangan yodium adalah persoalan yang mempengaruhi beberapa juta orang di seluruh dunia..
  • Kelenjar tiroid yang tidak berperanan: Terkadang, kelenjar tiroid tidak berperanan secara betul sejak lahir. Ini mempengaruhi sekitar 1 dari 4.000 bayi baru lahir. Jika tidak diobati, anak itu dapat memiliki persoalan fisik dan mental di masa depan. Semua bayi baru lahir dikasih tes darah skrining di rumah sakit untuk memeriksa peran tiroid mereka.

Kondisi yang dapat menyebabkan hipertiroidisme meliputi:

  • Penyakit Graves: Pada kondisi ini semua kelenjar tiroid peluang terlalu aktif dan menghasilkan umumnya hormon. Persoalan ini disebut gondok toksik difus (pembesaran kelenjar tiroid).
  • Nodul: Hipertiroidisme dapat dikarenakan oleh nodul yang terlalu aktif dalam tiroid. Nodul tunggal disebut nodul tiroid toksik yang berperanan secara otonom, dan kelenjar dengan beberapa nodul disebut gondok multi-nodular toksik.
  • Tiroiditis: Permasalahan ini bisa menyakitkan atau tidak terasa sama sekalinya. Pada tiroiditis, tiroid melepaskan hormon yang ditempatkan di sana. Ini bisa jalan sejauh beberapa minggu atau bulan.
  • Yodium terlampau berlebihan: Bila Anda memiliki umumnya yodium (mineral yang digunakan untuk membuat hormon tiroid) dalam tubuh Anda, tiroid membuat makin bertambah hormon tiroid dibandingkan yang dibutuhkan. Yodium yang terlampau berlebihan dapat ditemukan dalam beberapa obat (amiodarone, obat jantung) dan sirup obat batuk.

Ada bermacam pertanda yang bisa Anda alami jika Anda memiliki penyakit tiroid. Sayang, pertanda kondisi tiroid kerap betul-betul sama dengan tanda kondisi medis lainnya. Untuk sebagian besar, pertanda penyakit tiroid dapat dibagi jadi dua barisan, yakni pertanda hipertiroidisme dan pertanda hipotiroidisme.

Pertanda kelebihan tiroid (hipertiroidisme) dapat meliputi:

  • Alami kekuatiran, selekasnya marah dan gugup.
  • Alami kesulitan tidur.
  • Berat badan turun.
  • Memiliki kelenjar tiroid yang menjadi jadi membesar atau gondok.
  • Alami kekurangan otot dan tremor.
  • Alami periode menstruasi yang tidak teratur atau peralihan menstruasi Anda setop.
  • Terasa sensitif pada panas.
  • Alami persoalan penglihatan atau iritasi mata.

Pertanda kekurangan tiroid (hipotiroidisme) dapat meliputi:

  • Terasa lelah (fatigue).
  • Semakin berat badan.
  • Mudah lupa.
  • Alami periode menstruasi yang sering dan berat.
  • Rambut kering dan kasar.
  • Suara yang serak.
  • Tidak kuat pada suhu dingin.

Jika Anda memiliki kadar hormon tiroid (hipertiroidisme) yang tinggi, penanganannya adalah sebagai berikut:

  • Obat anti-tiroid (methimazole and propylthiouracil)
  • Ini adalah obat yang stop produksi hormon tiroid.
  • Yodium radioaktif
  • Perawatan ini merusak beberapa sel tiroid Anda, menghindariinya menghasilkan hormon tiroid tingkat tinggi.

Beberapa obat ini tidak menukar jumlah hormon dalam tubuh Anda, tetapi membantu mengatur pertanda Anda.

Bentuk perawatan yang lebih masih tetap, pemasok servis kesehatan Anda dapat mengangkat tiroid Anda melalui pembedahan (tiroidektomi). Operasi akan membuat tiroid setop menghasilkan hormon. Tapi, Anda perlu konsumsi hormon alternative tiroid sejauh sisa hidup Anda.

Jika Anda memiliki kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroidisme), pilihan pengobatan khusus adalah konsumsi obat alternative tiroid. Obat ini adalah cara sintetis (buatan manusia) untuk menambahkan kembali hormon tiroid ke tubuh. Satu diantaranya obat yang biasa digunakan disebut levothyroxine. Dengan menggunakan obat, Anda dapat atur penyakit tiroid dan lalui kehidupan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.