Beberapa Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Jenis penyakit jantung bukan hanya ada satu saja, melainkan variannya cukup banyak. Hampir semuanya berbahaya tidak heran bila sampai saat ini masih menjadi penyebab utama nomor satu kematian di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa, penyebab dari munculnya penyakit tersebut bervariasi. Tetapi, poin utamanya adalah gaya hidup misalnya, tidak pernah berolahraga atau terlalu banyak menikmati makanan dengan kandungan lemak trans.

Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang Harus Diketahui

Peran vital dari organ penting tubuh ini memang harus dijaga kesehatannya. Bukan hanya menjalani hidup sehat saja, melainkan Anda juga harus paham bagaimana jenisnya, selain itu penyebab hingga pengobatan.

Dengan pengetahuan tersebut Anda sendiri bisa menjadi dokter untuk diri sendiri serta keluarga sehingga mampu menghindari atau minimal mengurangi rasa sakitnya. Lalu, apa saja yang perlu diketahui? Berikut pembahasannya,

1.      Jantung Koroner

Jenis penyakit jantung yang sering dialami oleh masyarakat adalah koroner, bisa menjadi seperti ini karena arteri tertimbun oleh lemak. Menyebabkan terjadinya rasa nyeri pada dada serta sesak nafas.

Dalam sistem organ tubuh, arteri tersebut berperan penting untuk menyalurkan oksigen serta memasok darah. Jika terjadi kendala, maka kebutuhan konsumsi tersebut akan terganggu begitu juga dengan fungsinya.

Penyebab dari munculnya keluhan tersebut ada banyak faktor. Paling utama adalah pola hidup tidak sehat, terlalu berlebihan konsumsi menu makanan mengandung lemak trans, serta malas berolahraga.

Selain itu, hipertensi juga bisa menjadi penyebab munculnya keluhan ini. Keadaan itu terjadi karena, tekanan darah tinggi menyebabkan luka di dinding, sehingga kolesterol bisa mudah menempel dan menghambat laju pengiriman.

Untuk pengobatannya bisa langsung di bawa ke dokter dan menjalani segenap pemeriksaan. Bila belum terlalu parah, biasanya masih dapat disembuhkan hanya saja harus menjalani pola hidup sehat.

2.      Gagal Jantung

Jenis penyakit jantung berikutnya adalah organ vital ini kondisinya memburuk atau melemah. Cara mudah memahaminya seperti ini, untuk mengalirkan darah organ tubuh tersebut akan memompa dengan kecepatan tertentu.

Bila diukur normalnya 90-100 per detik, tetapi keluhan ini menyebabkan kekuatan pompanya hanya 30-40 per detik. Memang masih dapat bekerja tetapi, kurang maksimal akibatnya tubuh menjadi lemas tidak berdaya.

Hal ini disebabkan kadar oksigen dan darah tidak dapat tersalurkan sempurna ke seluruh anggota tubuh. Penyebab dari keluhan jenis penyakit jantung ini adalah timbunan lemak di arteri, bisa juga terjadi ketika mengalami serangan.

Dimana pada arteri koroner mendadak tertutup sehingga, menimbulkan jaringan parut yang membuat otot pada organ tersebut tidak berfungsi. Gejalanya seperti kepala pusing, cepat capek, hingga tubuh terasa lemah.

Jenis penyakit ini juga menyebabkan kaki menjadi bengkak akibat ginjal tidak mendapatkan suplai darah cukup sehingga, menimbulkan retensi atau dalam bahasa medis dinamakan penumpukan cairan dalam tubuh.

3.      Kelainan Irama Jantung

Jenis penyakit jantung ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan hanya saja, harus segera mendapatkan penanganan secara serius. Bila dibiarkan begitu saja, akibatnya bisa menjadi fatal dan menyebabkan kematian.

Keluhan ini didasari atas gerakan pompa organ vital tersebut tidak menentu. Terkadang terlalu cepat bahkan beberapa juga melambat, perlu diketahui kondisi normal manusia detaknya adalah 90 sampai 100.

Kelainan ini bisa diatasnya atau di bawah. Cara mengetahuinya mudah, gunakan saja smartwatch atau alat pengukur lainnya, jika tidak punya pakai saja langkah menual dengan mencari denyut nadi kemudian, hitung.

Jenisnya sendiri cukup banyak, gejalanya hampir mirip penyakit jantung pada umunya, Oleh karena itu, jika sudah terjadi dan merasakannya mohon segera dibawa ke dokter, dampaknya bisa sangat besar.

Penyebabnya beragam, bisa alergi obat, gangguan elektrolit, sampai sleep apnea bahkan stress berlebihan juga berpengaruh besar, Metode pengobatannya sendiri biasanya bisa menggunakan obat atau kejutan listrik.

4.      Katup Jantung

Perlu diketahui bahwa organ vital ini mempunyai katup yang berperan sebagai pintu untuk buka tutup sehingga mengatur pasokan darah ke seluruh tubuh tercukupi. Ketika terjadi gangguan, maka akan terjadi kelebihan.

Artinya jantung harus bekerja ekstra keras agar pasokan darah ke otot dan seluruh tubuh tetap terjaga. Kondisi ini jangan dianggap remeh, harus mendapatkan penanganan dari dokter karena, dapat menyebabkan kematian.

Jenis penyakit jantung ini mempunyai gejala khas, dimana terdengar suara seperti tiupan angin, jika menggunakan stetoskop akan terdengar dengan jelas. Selain itu, detaknya lebih kencang dari biasanya.

Penyebabnya bisa beragam hanya saja faktor utamanya adalah penyakit bawaan atau keturunan. Keadaan itu terjadi akibat kurang sempurnanya perkembangan organ vital tersebut selama di dalam kandungan.

Pengobatannya bisa melalui Valvuloplasti atau memasukkan balon kecil ke pembuluh darah kemudian dikembangkan agar katup menjadi lebih besar. Dengan begini fungsinya sebagai pintu dapat berjalan dan meminimalisir gangguan lain.

5.      Endokardistis

Jenis penyakit jantung ini merupakan keadaan dimana ada bakteri masuk ke pembuluh darah kemudian tinggal di Jantung dan menginfeksinya hingga mengalami kerusakan. Hanya saja bakteri ini tidak menyerang organ sehat.

Melainkan, organ vital yang sudah mempunyai keluhan sejak awal, terutama penyakit bawaan. Kondisi tersebut terjadi karena, kekebalan tubuh sulit mengenalinya sehingga, infeksi tersebut menjalar ke seluruh tubuh.

Bila dibiarkan bisa terjadi pembekuan sampai menyebabkan komplikasi. Penyebab utama dari endokarditis ini adalah kurangnya kepedulian pola hidup sehat. Jenis penyakit jantung ini dapat terjadi kepada siapa saja.

Gejalanya adalah menggigil, kelelahan hingga merasakan nyeri pada otot serta sendi. Metode pengobatannya melalui obat-obatan, jika sudah muncul gejala diatas harap segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

6.      Tumor Jantung

Nama Tumor jantung mungkin masih sedikit asing ditelinga, keadaan tersebut terjadi akibat adanya pertumbuhan kurang normal pada katup. Jenisnya sendiri cukup banyak, ada yang bersifat kanker atau non.

Penyebab dari jenis penyakit jantung ini adalah terjadinya kelainan pertumbuhan sel. Keadaan tersebut bisa terjadi kepada siapa saja, terutama bagi Anda yang punya riwayat keluarga pernah punya tumor.

Lebih baik segera diperiksakan langsung ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Biasanya dokter akan melakukan CT scan dan MRI memastikan apakah tumor ini ada atau tidak jika terdeteksi tindakannya adalah operasi.

7.      Kardiomiopati

Jenis penyakit jantung berikutnya ada kardiomiopati dimana kelainan tersebut terjadi pada otot yang menyebabkan berkurangnya kemampuan organ vital tersebut memompa. Untuk penyebab utamanya memang masih diteliti.

Hanya saja, beberapa pakar memperkirakan terjadinya akibat genetik, bisa juga karena hipertensi yang berlangsung cukup lama tanpa terdeteksi atau pengobatan sama sekali. Gejalanya dapat dilihat dengan napas pendek.

Kemudian, tungkai terlihat membengkak, penglihatan berkunang-kunang, kepala sangat pusing. Hingga terjadi batuk terutama ketika Anda tidur terlentang. Proses pemeriksaan dokter akan melakukan EKG terlebih dulu.

Untuk metode pengobatannya cukup ringan, Anda hanya diminta menjaga berat badan dan melakukan pola hidup sehat. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur serta hindari junkfood.

Dengan mengetahui apa saja keluhan dari organ vital tersebut Anda dapat belajar untuk mencegah dan melakukan tindakan dengan benar. Karena, gejala dari berbagai jenis penyakit jantung ini hampir sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.