Minuman Sehat Anak untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Pada masa pertumbuhannya, minuman sehat anak juga sangat dibutuhkan selain beragam menu makanan agar kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari dapat terpenuhi. Minuman-minuman ini bisa dari sumber nabati maupun hewani.

Sangat penting diperhatikan jika apapun yang dikonsumsi oleh buah hati agar tidak mengandung pengawet maupun pemanis buatan. Gula dan zat-zat pemanis lainnya bisa sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko obesitas.

Dibandingkan meminum produk kemasan, akan lebih baik menyediakan minuman sehat anak sehingga lebih mengetahui kandungan gizi di dalamnya. Selain itu, Anda juga dapat menghindari berbagai komposisi yang tidak baik untuk kesehatan buah hati.

Meskipun tidak semanis produk kemasan, namun Anda bisa menyiapkan minuman-minuman enak dan bernutrisi pada buah hati. Cukup banyak menu yang dapat disesuaikan dengan kesukaan si kecil, sekaligus menghindari mereka merasa bosan dengan satu rasa saja.

Minuman Sehat Anak Kaya Nutrisi

Minuman sehat untuk anak cukup memang banyak, beberapa di antaranya memiliki rasa enak sehingga buah hati akan menyukainya meski tidak mengandung pemanis. Berikut adalah beberapa daftar minuman yang dapat Anda sediakan untuk memenuhi nutrisi anak setiap hari.

  1. Air Putih

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi, oleh sebab itulah air putih sangat penting diberikan pada si kecil ketika merasa haus. Air putih juga sangat penting karena bisa membantu fungsi organ bekerja baik, termasuk mengatur suhu.

Anak-anak juga membutuhkan air putih yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa karena masa pertumbuhan maupun metabolisme cenderung tinggi. Minuman sehat anak ini juga bisa menjaga berat badan tetap ideal.

Memberikan si kecil air putih secukupnya namun rutin setiap hari bisa memberikan banyak manfaat lainnya. Beberapa di antaranya seperti menjaga gigi agar tidak berlubang juga meningkatkan fungsi pada otak.

  1. Susu

Terdapat dua jenis susu, yaitu dari sumber hewani dan nabati. Sumber hewani bisa berasal susu sapi, kambing, dan lainnya. Sementara itu, sumber nabati berasal dari tumbuhan seperti kedelai, almond, dan masih banyak lainnya.

Minuman sehat anak baik berasal dari sumber hewani maupun nabati memiliki kandungan yang baik untuk tumbuh kembang mereka. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan berupa protein, kalsium, lemak, dan banyak lainnya yang kaya serta dibutuhkan si kecil.

Pastikan jika susu yang diberikan merupakan UHT tanpa gula buatan untuk buah hati sejak berusia 1 tahun. Anda bisa memberikan si kecil 2 gelas susu UHT setiap hari untuk menunjang tumbuh kembang mereka.

Sementara itu, susu nabati bisa diberikan sebagai alternatif bagi buah hati yang memiliki alergi dengan susu hewani. Susu nabati juga memiliki kandungan zat gizi esensial, mulai dari vitamin D, B12, kalsium dan lainnya sehingga baik untuk minuman sehat anak.

  1. Yoghurt

Selain susu, Anda juga bisa memberikan yoghurt pada buah hati karena memiliki kandungan protein maupun kalsium yang kaya. Yoghurt juga telah difermentasi sehingga mengandung bakteri baik untuk saluran pencernaan.

Ada baiknya untuk memberikan menu yoghurt pada si kecil secara rutin, pastikan juga porsinya tepat. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko permasalahan pada pencernaan serta memperlancar buang air besar anak.

Bukan hanya itu saja, kandungan protein pada yoghurt juga sangat baik dan berperan dalam perkembangan anak. Sementara probiotik di dalamnya dapat meningkatkan imun tubuh sehingga si kecil tidak mudah terserang penyakit.

  1. Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi alternatif minuman sehat untuk anak sebagai pengganti minum-minuman manis atau bersoda. Bukan hanya menyegarkan, air kepala juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, magnesium, kalium, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sumber elektrolit yang berperan dalam menjaga cairan tubuh serta fungsi saraf. Ini sangat bagus untuk buah hati yang mulai suka bermain dan berkeringat, maupun ketika dehidrasi karena diare dan muntah.

Ada baiknya jika Anda menyiapkan air kelapa alami yang langsung dari buahnya daripada kemasan. Sebab, Anda tidak mengetahui kandungan apa saja di dalamnya sehingga perlu lebih berhati-hati dan memastikan tidak ada gula tambahan maupun pemanis buatan.

  1. Infused Water

Variasi minuman sehat anak agar tidak bosan adalah dengan menyediakan infused water. Menu untuk diminum ini selain menyehatkan juga cukup mudah untuk membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk infused water juga tidak sulit didapatkan.

Anda hanya perlu menambahkan air putih dengan berbagai buah segar maupun rempah tertentu. Selain nutrisi semakin bertambah dan kalori sangat rendah, rasa buah kesukaan buah hati juga akan lebih terasa.

Ada beberapa kombinasi bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat infused water. Misalnya saja kombinasi nanas dengan daun mint, semangka dan timun, atau bisa juga mengombinasikan strawberi bersama lemon.

  1. Smoothies

Tidak jarang anak-anak menolak untuk mengonsumsi buah dan sayur-sayuran, padahal keduanya sangat penting karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Solusi untuk hal ini adalah dengan membuat smoothies sendiri.

Minuman sehat anak ini memiliki tampilan menarik dengan warna-warna cantik sehingga buah hati akan menjadi tergiur mencobanya. Bahan di dalamnya sendiri bisa berupa kombinasi seperti bayam dengan blueberry, persik dan kembang kol, serta lainnya.

Beberapa bahan lain juga dapat ditambahkan untuk menambah kandungan nutrisi di dalamnya. Misalnya saja dengan menambahkan daging kelapa, bubuk coklat, alpukat, dan lainnya.

Smoothies sendiri memiliki kalori cukup tinggi sehingga lebih cocok dijadikan sebagai camilan dan bukan minuman sehat anak utama. Selain itu, sebaiknya Anda membuat smoothies sendiri daripada membeli agar dapat menghindari gula tambahan atau bahan tidak sehat lain.

  1. Jus Buah

Sebenarnya, memakan buah-buahan jauh lebih dalam bentuk utuh atau potongan sehingga serat di dalamnya bisa  didapatkan oleh anak. Sayangnya tidak jarang si kecil menolak untuk mengonsumsinya, padahal kandungan nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh.

Jus buah menjadi alternatif yang dapat digunakan agar anak tetap mendapatkan vitamin maupun kandungan lain di dalamnya. Meski demikian, pastikan jika jus merupakan buah murni tanpa menambahkan gula di dalamnya.

  1. Teh Herbal

Beberapa jenis teh herbal juga aman sekaligus dapat menjadi minuman sehat anak jika dibandingkan produk minum-minuman dengan pemanis. Beberapa teh herbal yang bagus seperti serai, chamomile, mint, maupun rooibos.

Semua bahan-bahan teh tersebut aman untuk anak-anak karena tidak ada kandungan kafein di dalamnya. Selain itu, rasanya juga nikmat sehingga bisa diterima oleh lidah si kecil yang umumnya menyukai rasa manis.

Bukan hanya memiliki kandungan nutrisi penting, minuman sehat anak ini juga bisa mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Anda dapat menyediakan teh herbal ketika buah hati sedang sakit atau merasa cemas.

Misalnya saja kandungan pada teh chamomile dapat dijadikan obat alami sejak zaman dahulu. Biasanya digunakan untuk mengatasi permasalahan pencernaan seperti rasa mual, diare, kembung, dan lainnya baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Meskipun cenderung aman, namun ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dengan demikian, Anda dapat menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti permasalahan pada kesehatan si kecil.

Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh bahan makanan maupun minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Oleh sebab itu, Anda tidak hanya perlu memperhatikan menu makanan namun juga minuman sehat anak sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.