Berikut Daftar Bahan Alami untuk Obat Ketombe

Berikut Daftar Bahan Alami untuk Obat Ketombe

Ketombe ialah permasalahan kulit kepala yang nyaris terjadi pada tiap orang. Serpihan putih yang jatuh di bahu ini pasti bisa mengusik performa. Ada beragam langkah untuk hilangkan ketombe yang satu diantaranya ialah obat ketombe alami.

Selainnya shampo anti ketombe dan cream resep dari dokter, rupanya ada beragam bahan alamiah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan ketombe. Walau demikian, beberapa bahan alamiah ini cuma dipakai untuk memberikan dukungan penyembuhan yang telah ada.

Itu maknanya Anda perlu konsultasi sama dokter atau mengetes coba bahan itu di kulit ingat sensitivitas kulit kepala tiap orang berbeda.

Berikut ini ialah opsi obat untuk menangani ketombe secara alami.

Baca Juga : Apa Itu Tiroid , Ketahui Peran dan Perannya dalam Tubuh

1. Tea Tree Oil

Salah satunya bahan alamiah yang bisa menjadi obat ketombe ialah tea tree oil atau minyak pohon teh. Minyak yang dari tanaman Melaleuca alternifolia ini sudah dikenali sebagai bahan alamiah untuk menyembuhkan beragam keadaan, seperti jerawat dan dermatitis.

Ini kemungkinan karena kandungan terpinen-4-ol pada tea tree oil mempunyai karakter antimikroba. Akhirnya, senyawa aktif itu di-claim bisa menolong kurangi ketombe dengan memberantas perkembangan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Harus diingat jika memoleskan minyak pohon teh langsung ke kulit kepala bisa memunculkan infeksi atau ruam. Untuk amannya, tambah beberapa tetes tea tree oil ke shampo biasa dan pijat kulit kepala Anda.

Anda kemungkinan dapat menemui produk shampo anti ketombe yang memiliki kandungan minyak pohon teh di pasar.

2. Lidah Buaya

Selainnya minyak pohon teh, obat ketombe alami yang lain ialah lidah buaya, persisnya gel yang berada di daun warna hijau itu. Ini, lidah buaya memiliki kandungan beragam gizi yang bisa menolong rekondisi jaringan.

Ini yang memungkinkannya lidah buaya berperan menolong menurunkan infeksi dan percepat pengobatan cedera kecil. Bahkan juga, gel lidah buaya memberi dampak sejuk dan melembapkan kulit.

Pemicu ketombe bermula dari penimbunan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang jadi kering. Bila dipakai di kulit kepala, gel bening ini menolong hilangkan ketombe dengan beragam langkah ini:

  • Melembapkan kulit kepala yang kering.
  • Kurangi infeksi kulit kepala karena ada senyawa anti-peradangan.
  • Bersihkan rambut dan kulit kepala dari minyak berlebihan.
  • Jaga sel-sel kulit kepala yang mengandung anti-oksidan.
  • Menahan perkembangan bakteri dan jamur yang bisa jadi parah ketombe.

Langkah hilangkan ketombe dengan lidah buaya juga termasuk cukuplah gampang. Anda dapat manfaatkan gel lidah buaya ini sebagai masker rambut dan menambahnya berbahan alami yang lain, misalnya:

  • minyak eukaliptus, dan
  • minyak zaitun.

Ini Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Perlu Anda Kenali

Rambut sehat ialah mimpi untuk semuanya orang. Untuk memperolehnya, Anda juga harus bisa menjaga rambut secara baik. Sesudah dirawat, pasti Anda ingin ketahui apa usaha sejauh ini terbayarkan atau mungkin tidak. Ketahui apa beberapa ciri rambut yang sehat di sini. Beberapa ciri rambut yang sehat Sekarang telah banyak produk perawatan yang ada untuk jaga rambut masih tetap sehat.

3. Sari Cuka Apel

Bukan hanya dipakai sebagai obat jerawat, sari cuka apel rupanya dapat digunakan sebagai obat ketombe alami. Bagaimana dapat?

Walau tidak ada riset yang menunjukkan langkah hilangkan ketombe efisien dengan sari cuka apel, kandungan didalamnya dapat menolong menangani ini.

Masalahnya sari cuka apel memerlukan bakteri dan jamur untuk memfermentasikan potongan apel. Reaksi peragian apel ini hasilkan senyawa antibakteri dan anti-peradangan yang terdapat dalam cuka biasa.

Maknanya, sari cuka apel memungkinkan bisa kurangi perkembangan jamur di kulit kepala dan memudahkan gatal karena penyakit kulit kepala ini. Disamping itu, cuka apel memiliki sifat asam, yaitu dengan pH yang cukup rendah di antara 2 sampai 3.

Beberapa pakar mereferensikan jika kandungan pH yang tinggi pada cuka ini menolong kembalikan kesetimbangan pH rambut atau kulit.

Langkah memakainya:

  • Campur ½ gelas cuka apel dengan 1 ½ gelas air dingin
  • Basahi rambut dan bersihkan rambut seperti umumnya dengan shampo
  • Basuh rambut sampai bersih
  • Tuang kombinasi air dan cuka apel ke rambut
  • Tak perlu dibasuh kembali
  • Pakai conditioner bila diperlukan

 

4. Minyak Kelapa

minyak kelapa mempengaruhi testosteron

Salah satunya factor penyebab munculnya ketombe ialah kulit kepala yang kering. Minyak kelapa yang memiliki sifat melembapkan ini rupanya dapat dipakai sebagai obat ketombe alami.

Menurut riset dari International Journal of Dermatology, minyak kelapa untuk rambut rupanya condong efisien dipakai pada anak yang menanggung derita eksim. Ini dibanding dengan pemakaian minyak mineral.

Ini kemungkinan karena minyak kelapa bisa tembus kulit susunan paling atas dan jadi penghambat supaya kulit tidak alami infeksi dan kekeringan. Walau tidak mengatakan permasalahan ketombe, Anda dapat memperoleh faedah sama dari minyak kelapa.

Di lain sisi, minyak kelapa dipakai sebagai obat herbal yang memiliki kandungan antimikroba. Kandungan asam laurat didalamnya ialah senyawa aktif yang dipercayai bisa menolong menantang Malassezia yang disebut jamur pemicu ketombe.

Anda dapat manfaatkan minyak kelapa untuk hilangkan ketombe dengan memakainya sebagai alternatif produk shampo dan conditioner rambut. Tetapi, selalu bahas penyembuhan tradisionil ini sama dokter saat sebelum memakainya.

5. Minyak Zaitun

Dikenali sebagai minyak alami sebagai salah satunya langkah menjaga rambut, minyak zaitun bisa juga digunakan sebagai obat ketombe alami. Dampaknya sebetulnya sama dengan minyak kelapa, yakni jaga kelembapan kulit kepala, khususnya pemilik kulit kepala yang kering.

Senyawa asam oleat, asam palmitat, dan squalene pada minyak zaitun ialah emolien. Maknanya, ke-3 zat kimia itu memiliki sifat menghaluskan. Minyak warna bening keemasan ini bekerja dengan tembus tangkai rambut untuk jaga kelembapan didalamnya.

Meskipun tidak seutuhnya hilangkan ketombe, minyak zaitun untuk rambut bisa menolong kurangi banyaknya yang jatuh di pakaian Anda.

6. Minyak Serai

Ketombe ringang memanglah bisa ditangani dengan teratur keramas. Untuk memberikan dukungan proses membersihkan rambut ini, Anda bisa juga memakai minyak serai untuk menolong kurangi jumlah ketombe.

Riset yang diedarkan pada jurnal Complementary Medicine Research memberikan laporan jika serai berguna untuk rambut berketombe. Minyak alami yang ini menunjukkan kegiatan anti jamur pada shampo tonik yang mengandung minyak serai yang rendah.

Tidak itu saja, periset mendapati jika serai menolong kurangi proses kelupasan stratum korneum, sisi kulit yang teratas. Bahkan juga, obat ketombe alami ini menolong kurangi produksi minyak dan rasa gatal.

Ada beberapa bahan alamiah sebagai obat ketombe. Tetapi, masing-masing punyai faedah dan efek yang kemungkinan berlainan pada tiap orang. Tanyakan sama dokter specialist kulit saat sebelum memakai bahan alamiah sebagai langkah hilangkan ketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.