Cara Mengobati Tipes secara Alami yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengobati Tipes secara Alami yang Perlu Anda Ketahui

Cara mengobati tipes sebelumnya akan dilakukan pengujian darah, feses maupun urin. Penyakit tersebut banyak dijumpai pada negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Penyebabnya karena adanya infeksi bakteri bernama Salmonella typhi. Gejala awal yang muncul adalah demam di pagi atau malam hari. Gejala seperti itu sering kali diabaikan.

Hal ini karena biasanya Anda masih bisa melakukan berbagai aktivitas secara normal. Adapun untuk perawatannya bisa di rumah saja. Namun, saat kondisinya parah sebaiknya segera di bawa ke rumah sakit.

Cara Mengobati Tipes yang Ampuh

Penyakit tipes tidak boleh dibiarkan karena membuat Anda merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, salah satu dari cara pengobatan berikut dapat dipilih untuk menyembuhkan penyakit tipes.

  1. Perbanyak Minum

Saat Anda kehilangan cairan cukup banyak disertai mual, muntah dan demam maka segera minum air putih. Oleh karena itu, Anda memerlukan banyak air untuk mempercepat penyembuhan.

Apalagi jika Anda mengalami diare akibat penyakit tersebut. Cairan efektif untuk digunakan menurunkan demam. Selain itu, menghambat kinerja bakteri dan membunuhnya secara alami.

Cairan dapat diberikan melalui infus agar proses penyembuhan berlangsung cepat. Di samping itu, upaya lain yang bisa dilakukan adalah memberikan obat antibiotik lewat infus.

2. Istirahat yang Cukup

Cara mengobati tipes yang cukup ampuh adalah banyak beristirahat, mengurangi berbagai aktivitas dan gerakan. Istirahat membuat sistem imun tubuh Anda meningkat.

Tubuh Anda akan sehat dan terbebas dari penyakit. Pemberian obat menjadi lebih efektif jika disertai beristirahat yang cukup. Beristirahatlah beberapa hari dari semua aktivitas agar mengurangi risiko kambuh.

3. Pilih Makanan yang Lembut

Anda tidak disarankan mengkonsumsi makanan kasar. Makanan yang direkomendasikan harus memiliki tekstur lembut misalnya seperti bubur. Hal ini karena adanya serangan dari bakteri membuat usus lebih sensitif.

Makanan halus akan membuat usus bekerja lebih baik. Selain itu, tidak melukai dinding usus Anda. Lain halnya dengan makanan kasar yang justru memperparah penyakit yang diderita karena usus terluka.

4. Sering Makan

Cara mengobati tipes berikutnya adalah harus sering makan. Anda tidak disarankan makan dalam porsi banyak pada satu waktu. Saat perut terasa perih maka konsumsi makanan bertekstur halus untuk melatih usus.

Pelan-pelan usus akan mudah menerima makanan sehingga kondisi akan semakin membaik. Makanan bisa membantu mencegah perkembangan dari bakteri penyebab tipes.

5. Jangan Makan Makanan Pedas

Biasanya lidah akan terasa pahit sehingga menimbulkan keinginan untuk mengkonsumsi makanan pedas. Namun, hal tersebut tidak direkomendasikan agar mencegah usus terluka.

Akibat lainnya adalah bakteri akan menjadi semakin ganas. Nantinya akan memperparah penyakit. Bahkan, bisa mengakibatkan adanya komplikasi dan terdapat pendarahan di bagian usus.

6. Memelihara Kebersihan

Cara mengobati tipes bisa dengan menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai sumber penyakit dan kontaminasi bakteri. Dengan demikian, Anda tidak akan terkena komplikasi.

Komplikasi membuat proses penyembuhan terhambat sehingga memperparah kondisi. Oleh karena itu, jangan lupa cuci tangan sebelum makan sehingga tidak akan terserang berbagai jenis penyakit menular.

7. Kompres dengan Air Dingin

Tubuh biasanya akan menunjukkan gejala panas tinggi saat malam, bahkan bisa sepanjang hari. Kompreslah tubuh dengan air dingin untuk membuat kondisi Anda membaik.

Caranya Anda rendam handuk atau kain lembut dalam air dingin, lalu letakkan di dahi. Apabila suhu tubuh masih panas, lap bagian telapak kaki maupun tangan bisa memakai air dingin.

Perawatan seperti itu harus rutin dilakukan sampai demam menurun. Namun, Anda tidak boleh menggunakan air es karena akan menyebabkan demam lebih tinggi.

8. Minum Oralit

Salah satu gejala yang sering muncul adalah diare. Oleh karena itu, cara mengobati tipes bisa disertai minum oralit. Anda beli di toko obat atau bisa membuatnya sendiri.

Caranya dengan mencampurkan setengah sendok garam dalam segelas air. Anda aduk larutan tersebut kemudian minumlah untuk mengurangi gejala diare agar tidak semakin parah.

9. Minum Cuka Sari Apel

Makanan atau minuman yang terlalu pedas dan asam sebaiknya juga dihindari penderita tipes. Namun, larutan cuka sari apel ternyata bisa diminum agar bisa cepat sembuh.

Fungsi dari cuka apel tersebut adalah bisa menurunkan suhu tubuh. Selain itu, baik digunakan mengatasi muntah dan diare. Anda tambahkan setengah sendok cuka sari apel dalam air hangat.

Tambahkan juga madu untuk mengurangi rasa asam. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengompres tubuh dengan mencampur dengan air dingin. Apabila semakin memburuk, jangan pakai cara mengobati tipes ini.

10. Memakan Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan glukosinates dan sulfur yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, mempercepat pemulihan penyakit tipes serta menurunkan demam yang cukup tinggi. Saat perut masih kosong dianjurkan untuk memakan bawang putih secukupnya.

Apabila tidak kuat dengan rasanya, bisa direbus terlebih dahulu. Rutinlah untuk meminum air rebusannya. Meskipun cara itu ampuh mengobati tipes, namun tidak direkomendasikan bagi ibu menyusui, hamil dan anak-anak.

11. Minum Rebusan dari Air Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu obat alami untuk penyakit tipes. Cara mengobati tipes sekaligus diare yang manjur bisa dengan cengkeh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antibiotik alami.

Sistem kerja dari antibiotik adalah menghambat aktivitas bakteri penyebab tipes. Ambillah sekitar 5 cengkeh kemudian rebus dengan air. Apabila airnya mulai menyusut harus segera dimatikan kompornya.

Saring air rebusannya, kaku minum secara rutin selama 3 hingga 5 hari. Cara ini sangat aman dan karena tidak memiliki efek samping. Bagi wanita hamil serta menyusui tidak bisa meminumnya.

12. Mengkonsumsi Telur Rebus

Telur rebus dapat memulihkan kondisi tubuh yang lemah akibat tipes. Pilihlah telur ayam kampung atau yang nilai gizinya telah diperkaya dengan omega.

Cara mengobati tipes sebaiknya Anda hanya merebus telur saja tanpa diberi tambahan bahan lainnya. Telur rebus kaya akan kalori dan protein sehingga dapat menyuplai kebutuhan nutrisi harian Anda.

13. Minum Jus Jambu Merah

Bagi penderita yang kehilangan banyak cairan, mual serta diare bisa minum jus buah yang satu ini. Tujuannya adalah menciptakan keseimbangan elektrolit dan bisa menggantikan cairan.

Namun, jangan pakai gula ketika membuat jusnya. Jambu merah kaya vitamin C dan juga mengandung senyawa antioksidan sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

14. Makan Buah Pisang

Buah yang bagus menjadi cara mengobati tipes adalah pisang. Selain bertekstur lembut, rasanya sangat manis sehingga bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

Selain itu, mengurangi efek tubuh menjadi lemah akibat demam. Pisang sangat membantu penyerapan cairan di dalam usus menjadi lebih baik. Alasannya adalah buah tersebut mengandung banyak kalium.

Kalium sangat bagus menjadi pengganti cairan yang hilang. Makanlah pisang setiap hari sebanyak 2 buah secara langsung atau bisa juga dibuat menjadi bubur.

Tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan secara alami karena terbukti bisa mengobati penyakit tipes. Anda dijamin cepat sembuh setelah mengaplikasikan beberapa cara mengobati tipes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.