Cara Menyembuhkan GERD secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara Menyembuhkan GERD secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara Menyembuhkan GERD secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara menyembuhkan GERD atau asam lambung tinggi salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika sudah parah dapat menyebabkan pendarahan ulkus pada esophagus.

Pada umumnya muncul gejala seperti produksi air liur berlebih, sulit bernapas dan ada sensasi terbakar. Selain itu, nyeri di dada serta bersendawa. Apabila Anda mengalami gejala tersebut maka harus waspada.

Anda dianjurkan untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak memperparah kondisi kesehatan. Banyak cara alami yang dapat digunakan sebagai upaya untuk penyembuhan. Dengan demikian, Anda akan cepat sehat kembali.

Baca Juga : Beberapa Jenis Gangguan Hati yang Wajib Diwaspadai

Intip Cara Menyembuhkan GERD Menggunakan Bahan Alami

Apabila mengaplikasikan pola hidup sehat, Anda akan terhindar dari penyakit. Namun, saat gejala GERD tiba-tiba muncul maka perlu segera melakukan beberapa hal di bawah ini agar tidak memperparah keadaan.

  1. Memilih Makanan Sehat

Anda wajib mengenal makanan pantangan. Misalnya adalah susu, cokelat dan gluten. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan yang kaya akan natrium dan lemak.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih telah terbukti bisa mengatasi iritasi di saluran pencernaan. Selain itu, mampu menetralkan asam lambung saat tiba-tiba bergejolak. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan air setiap hari minimal 8 gelas.

Hasil penelitian menyatakan bahwa pemulihan menjadi lebih cepat jika Anda minum air putih banyak. Sebaiknya, hindari terlebih dahulu minuman yang berwarna.

3. Menjaga Berat Badan

Cara menyembuhkan GERD selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur. Tujuannya untuk mencegah obesitas sehingga berat badan selalu ideal

4. Jangan Tidur Usai Makan

Selesai makan Anda tidak boleh langsung berbaring apalagi tidur. Alasannya karena akan membuat isi perut lebih mudah untuk terdorong ke atas dan menyebabkan kram.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk duduk tegak usai makan. Lalu, 3 atau 4 jam kemudian baru berbaring dan tidur. Jangan lupa untuk menggunakan bantal agar kepala posisinya lebih tinggi

5. Mengkonsumsi Air Soda Kue

Cara menyembuhkan GERD bisa memanfaatkan soda kue. Selain digunakan untuk membersihkan karang gigi, ternyata ampuh juga untuk mengatasi penyakit tersebut.

Caranya dengan minum 8 ons air yang telah dicampur 1 sendok teh soda kue. Ulangi sampai kondisi sembuh total, namun tidak boleh dikonsumsi lebih dari 7 kali dalam sehari.

Jangan sampai minum air soda kue dalam satu minggu berturut-turut. Hal ini dikarenakan mengandung garam cukup tinggi sehingga akan menimbulkan efek samping mual hingga pembengkakan.

6.  Mengunyah Pelan-pelan

Mengunyah makanan secara pelan-pelan dapat meringankan semua gejala yang muncul. Di samping itu, juga bisa meringankan kinerja lambung terutama ketika makanan yang dimakan memiliki tekstur keras.

7. Banyak Makan Buah

Cara menyembuhkan GERD berikutnya dengan mengkonsumsi buah secara rutin. Misalnya apel, semangka, pisang dan melon. Pisang memiliki sifat antasid alami sehingga dapat melawan refluks asam.

8. Minum Teh Jahe

Teh jahe termasuk salah satu obat alami yang berkhasiat untuk mengatasi banyak masalah di perut. Contohnya mual, refluks asam hingga GERD. Rebus jahe selama 30 menit kemudian diminum sebelum makan.

9. Tidak Merokok

Aktivitas merokok akan meningkatkan resiko seseorang terkena masalah asam lambung. Oleh karena itu, agar tidak menyebabkan peradangan lainnya maka sebaiknya berhenti merokok.

10.  Membuat Teh Chamomile

Teh chamomile juga dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan GERD. Fungsi teh tersebut adalah untuk menyeimbangkan tingkat keasaman di perut akibat GERD.

Rebuslah air, kemudian masukkan kelopak chamomile dan biarkan sampai mendidih sekitar 45 detik. Saring airnya, lalu tuangkan ke cangkir dan beri madu secukupnya. Minumlah 30 menit ketika akan tidur.

11. Mengkonsumsi Lidah Buaya

Lidah buaya berkhasiat untuk perawatan kulit. Lidah buaya dapat berfungsi sebagai pendingin sekaligus mengurangi peradangan perut. Bahan tersebut telah lama digunakan untuk mengobati GERD dan berbagai gangguan perut lainnya.

12. Minum Jus Buah Nanas

Cara menyembuhkan GERD dengan jus tersebut terbukti efektif. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi hyperacidity, yaitu penyebab perut terasa panas dan mulas.

Alasannya yaitu karena adanya enzim bromelain pada buah nanas. Enzim tersebut efektif bekerja mengontrol banyak sedikitnya asam hidrolik dalam perut Anda.

13.  Posisi Kepala Saat Tidur Lebih Tinggi daripada Badan

Anda dapat mempraktekkan cara tersebut ketika hendak tidur. Kepala bisa ditopang menggunakan 2 bantal. Tujuannya agar gravitasi dapat membantu mengurangi jumlah asam lambung yang naik menuju ke kerongkongan.

14.  Mengkonsumsi Bawang Putih

Banyak orang yang menganggap bahwa bawang putih memiliki efek samping mulas jika dikonsumsi. Namun, jika yang dimakan hanya 1 atau 2 siung saja maka akan menjadi cara menyembuhkan GERD.

Hal ini dikarenakan pada bawang putih mentah terdapat senyawa antibiotik. Antibiotik tersebut dapat berperan membunuh mikroorganisme patogen yang menjadi penyebab gastritis dan GERD.

1 siung bawang putih bisa langsung dikunyah setiap hari secara teratur. Selain itu, rendamlah beberapa siung bawang putih pada cuka apel. Selanjutnya, tuang sekitar satu teguk untuk diminum rutin.

15. Mengurangi Porsi Makan

Aturlah porsi makanan Anda setiap hari. Porsi makan yang sedikit terbukti dapat mengontrol berbagai gejala yang mungkin muncul. Lalu, silahkan makan sekitar 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

Hal ini perlu dilakukan sehingga asam lambung akan menurun. Dengan demikian, sebagian ruang dalam perut akan kosong sehingga Anda akan merasa lebih nyaman.

16.  Mengunyah Permen Karet

Permen karet juga ampuh sebagai cara menyembuhkan GERD. Namun, perlu diperhatikan bahwa permen karet yang dikunyah harus non mint. Dengan demikian, akan merangsang tubuh memproduksi banyak air liur.

Air liur Anda akan berperan menyangga asam. Mengunyah permen karet membuat air liur sering ditelan sehingga asam akan terdorong keluar dari kerongkongan. Pilihlah permen bebas gula agar tidak merusak gigi.

17.  Tidak Mengkonsumsi Kafein

Semua minuman yang mengandung kafein bersifat asam sehingga tidak baik bagi kesehatan lambung. Oleh karena itu, Anda dilarang untuk minum teh maupun kopi secara berlebihan.

Dalam kondisi sehat, keduanya aman untuk diminum karena lambung dapat menetralkan asam pada kafein tersebut. Namun, segeralah berhenti untuk mengkonsumsi kafein jika timbul berbagai gejala asam lambung agar tidak iritasi.

18. Memakan Mustard

Cara menyembuhkan GERD dengan makan 1 sendok the mustard. Mustard kaya mineral dan mengandung cuka. Selain itu, mengandung senyawa alkali yang akan menetralkan asam.

19.  Mengkonsumsi Makanan Tinggi Protein dan Lemaknya Rendah

Upaya untuk meredakan gejala karena penyakit GERD adalah makan banyak protein maupun serat. Tujuannya adalah membuat perut kenyang lebih lama. Dengan demikian, tidak akan makan secara berlebihan.

Anda kurangi makanan tinggi lemak, lalu tingkatkan asupan protein dalam menu sehari-hari. Apabila hal tersebut rutin dilakukan maka asam lambung tidak akan bisa naik ke kerongkongan.

Beberapa cara di atas dapat Anda coba untuk membuat bisa sembuh total. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menyembuhkan GERD yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.