Fakta Buah Markisa yang Bagus untuk Kesehatan
copyright image : alodokter.com

Fakta Buah Markisa yang Bagus untuk Kesehatan

Fakta Buah Markisa yang Bagus untuk Kesehatan

fakta buah markisa cukup bermacam untuk kesehatan. Buah yang beraroma wangi dan berasa manis ini dijumpai bisa mempertahankan kesehatan jantung dan tingkatkan ketahanan badan. Manfaat buah markisa untuk badan kemungkinan belum juga dijumpai secara luas oleh publik. Tetapi, siapa kira bila buah yang ini bahkan juga sanggup kurangi resiko penyakit?

Kandungan Buah Markisa

Dalam 100 g buah markisa fresh, berikut kandungan buah markisa yang dapat Anda peroleh:

  • Air: 64.7 gr
  • Protein: 3,5 gr
  • Karbohidrat: 29,8 gr
  • Serat: 11,4 gr
  • Kalsium: 27 mg
  • Fosfor: 203 mg
  • Zat besi: 1,4 mg
  • Natrium: 37 mg
  • Kalium: 453,8 mg
  • Beta-karoten: 969 mcg
  • Vitamin B3: 2 mg
  • Vitamin C: 10 mg

Fakta Buah Markisa

Buah markisa tidak sekedar hanya tambahan pada makanan atau sirup semata. Dari nutrisi yang terdapat, buah markisa mempunyai beragam manfaat yang bagus untuk kesehatan Anda. Berikut beberapa fakta buah markisa untuk kesehatan:

1. Kurangi Infeksi

Markisa memiliki kandungan vitamin C. Kandungan ini menolong turunkan resiko terserang infeksi pemicu pilek. Disamping itu, vitamin C bekerja sebagai anti-oksidan untuk menolong membuat perlindungan sel badan dari kerusakan. Disamping itu, kandungan vitamin C memberi fakta buah markisa untuk lambung. Bisa dibuktikan, vitamin C bermanfaat untuk kurangi resiko infeksi . Maka, badan Anda semakin lebih tahan dari bakteri, seperti bakteri Helicobacter pylori pemicu maag.

Baca Juga : Kerap Disangka Sama, Ini Ketidaksamaan di antara Fobia dan Rasa Takut

2. Mempertahankan Kesehatan Pencernaan

Kaya serat, fakta buah markisa bagus untuk mempertahankan kesehatan pencernaan. Selainnya vitamin C, buah markisa memiliki kandungan serat yang menolong memperlancar pencernaan dan menahan sembelit, dan membuat Anda masih tetap berasa kenyang.

3. Memiliki Kandungan Vitamin A

Vitamin yang terdapat di dalam buah markisa setelah itu vitamin A. Kandungan ini diketemukan dalam beberapa bijian yang ada dalam buah markisa. Biji markisa sebagai sumber vitamin A yang bisa penuhi 8% dari konsumsi vitamin A yang diperlukan badan. Tidaklah aneh jika fakta yang ini dapat mempertahankan kesehatan sel dan ketahanan tubuh. Disamping itu, vitamin A juga penting untuk mempertahankan kesehatan mekanisme mata.

4. Tinggi Anti-Oksidan

Anti-oksidan berperanan dalam mencegah radikal bebas yang beresiko untuk sel badan manusia. Radikal bebas ini rupanya sanggup membuat muka alami penuaan awal . Maka, konsumsi markisa berguna untuk muka supaya masih tetap sehat. Fakta buah markisa yang lain ialah jadi sumber anti-oksidan yang menolong untuk memperlancar peredaran darah. Beberapa anti-oksidan yang ada pada buah markisa ialah beta karoten, polifenol, dan vitamin C.

5. Tingkatkan Ketahanan Badan

Buah markisa dalam berguna tingkatkan ketahanan badan. Karena, kandungan buah markisa yang banyak vitamin C bekerja sebagai anti-oksidan yang mencegah radikal bebas dan tingkatkan ketahanan badan dengan menolong peresapan zat besi pada tubuh.

6. Kurangi Kekhawatiran

Fakta buah markisa mempunyai potensi kurangi kekhawatiran dan depresi seterusnya bisa dirasa karena kandungan magnesiumnya. Kandungan buah markisa kaya magnesium yang berperanan dalam kurangi rasa kuatir dan depresi. Diambil dari penelitian terbitan Nutrients, magnesium diketemukan sanggup menolong kurangi kekhawatiran, tapi riset selanjutnya masih diperlukan untuk ketahui dengan cara tepat.

7. Index Glikemik yang Rendah

Buah markisa berkadar index glikemik yang rendah dan karena itu tidak meningkatkan kandungan gula darah secara berarti sesudah dimakan. Buah markisa menjadi buah alternative untuk pasien diabetes. Tetapi, pasien diabetes perlu selalu untuk konsultasi sama dokter lebih dulu saat sebelum konsumsi buah markisa.

8. Meningkatkan Peranan Insulin

Fakta buah markisa untuk meningkatkan sensitivitas insulin datang dari kandungan piceatannol. Kandungan buah markisa ini mempunyai potensi tingkatkan peranan insulin dan turunkan resiko terserang diabetes. Sebuah penelitian merasakan jika senyawa piceatannol dalam buah markisa bisa tingkatkan metabolisme dan sensitivitas pada insulin yang berperanan pada proses perubahan gula jadi energi untuk sel badan. Bahkan juga, karena selekasnya mengganti gula jadi energi, ini berpengaruh pada pengurangan berat tubuh.

9. Mempertahankan Kesehatan Jantung

Kandungan buah markisa yang kaya serat bukan hanya bagus untuk pencernaan, tapi juga berperanan untuk turunkan resiko terserang penyakit jantung. Ini juga diuraikan dalam penelitian lain dari Nutrients. Dalam masalah ini, serat menolong keluarkan cholesterol dalam pembuluh darah. Kandungan serat dan kalium pada buah markisa bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan jantung. Fakta buah markisa dalam mempertahankan kesehatan jantung disokong oleh kekuatannya untuk memantapkan tekanan darah. Disamping itu, buah markisa rendah natrium.

10. Kurangi Tanda-tanda Osteoartritis

Fakta buah markisa mempunyai potensi kurangi ngilu lutut karena osteoartritis Disamping itu, buah markisa baik sekali dimakan untuk pasien osteoartritis. Antiknya, kulit buah markisa mempunyai kandungan anti-oksidan yang tinggi yang sanggup memberi dampak antiradang. Disamping itu, kulit markisa kaya flavonoid yang sanggup kurangi rasa ngilu pada lutut. Suplemen dari kulit buah markisa diketemukan bisa menolong kurangi dan memudahkan ngilu dan kekakuan pada sendi di pasien osteoartritis. Ini juga diuraikan dalam penelitian terbitan Nutrition Research dan dan Nutrition Journal.

11. Kurangi Resiko Kekambuhan Asma ke Orang Dewasa

Menurut riset berbeda dari jurnal Nutrition Research, konsentrat buah markisa ungu dijumpai aman untuk dimakan oleh pasien asma sebagai opsi penyembuhan alternative untuk kurangi tanda-tanda medis. Sekitar 150 mg/d konsentrat kulit buah markisa ungu secara berarti bisa dibuktikan bisa memberi dampak yang bagus untuk pernafasan, seperti kurangi mengi, batuk, dan napas sesak.

12. Turunkan Resiko Anemia

Fakta buah markisa yang ini didapatkan dari kandungan vitamin C. Bisa dibuktikan, vitamin C bermanfaat untuk menolong peresapan zat besi. Mineral yang ini bermanfaat untuk produksi sel darah merah . Maka, jika kandungan zat besi pada tubuh imbang, karena itu Anda tidak alami kekurangan sel darah merah karena anemia defisiensi besi.

13. Kurangi Resiko Osteoporosis

Fakta buah markisa bisa dibuktikan bagus untuk kesehatan tulang. Karena, markisa kaya mineral penyusun tulang hingga kepadatannya terbangun dan terbebas dari osteoporosis. Beberapa mineral itu salah satunya kalsium, fosfor, dan zinc.

Apa buah markisa aman untuk dimakan?

Diambil dari penelitian terbitan Medscape, fakta buah markisa kemungkinan tidak bisa dirasa oleh sebagian orang yang alami alergi pada lateks. Ini karena susunan protein dari buah markisa serupa dengan susunan dari protein lateks, hingga bisa memacu reaksi alergi. Disamping itu, diambil dari jurnal Food Additives dan Contaminants, buah markisa yang warna ungu dapat menjadi toksin jika dimakan dengan jumlah yang besar. Karena, buah markisa warna ungu memiliki kandungan senyawa cyanogenic glycoside yang bisa berhubungan dengan enzim di badan dan membuat toksin sianida.

Bagaimanakah cara konsumsi buah markisa?

Anda bisa nikmati faedah buah markisa secara langsung konsumsi buah markisa demikian saja atau dibuat jadi sajian lain. Jika ingin konsumsi buah markisa langsung, Anda bisa memotong buah markisa dan memakai sendok untuk makan sisi biji buah markisa. Sisi putih dari buah markisa tidak bisa dikonsumsi. Bila Anda tidak mau konsumsi biji-bijinya dan cuma ingin konsumsi sisi bulir-bulir transparannya, Anda bisa memakai penyaring untuk minum bulir-bulir markisa. Anda dapat menambahkannya ke air gula, juice, yogurt, dan lain-lain. Seharusnya tidak boleh panasi buah markisa atau mengawetkan buah markisa berbentuk kalengan. Tetapi, Anda bisa membekukan buah markisa untuk dimakan nanti.

Faedah buah markisa kemungkinan belumlah diketahui beberapa orang, berikut beberapa faedah yang dapat dirasa:

  • Kaya vitamin C
  • Sumber serat
  • Mengandung vitamin A
  • Tinggi anti-oksidan
  • Meningkatkan ketahanan badan
  • Mengurangi kekhawatiran
  • Indeks glikemik rendah
  • Menaikkan sensitivitas insulin
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengandung antiradang

Manfaat buah markisa belum pasti dapat dirasa oleh semuanya orang, karena orang yang mempunyai alergi lateks beresiko untuk alami alergi buah markisa. Seharusnya tidak boleh konsumsi buah markisa warna ungu dengan jumlah yang besar karena buah markisa warna ungu mempunyai potensi jadi toksin untuk badan.

Rekomendasi :

Rekomendasi Robot Forex Gratis Untuk Maksimalkan Trading Anda

Cara Mudah Menentukan Support dan Resistance Forex

Program untuk Mining Bitcoin dari Android

Cara Langkah Mudah Melakukan Analisa Teknikal Forex

Cara Memilih Broker Forex Terbaik di Indonesia

Tidak Boleh Salah, Ini 10 Perusahaan Sekuritas yang Tercatat OJK

Harus Tahu 5 Panduan Baik Usaha Saham, Ditanggung Cuan!

Belajar Memanfaatkan Leverage Forex Untuk Mensukseskan Trading Anda

Bukti Trading Binary Pilihan dan Argumennya Dilarang di Indonesia

Kenapa Dalam Trading Forex Tidak Harus Selalu Menang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.