Kebaikan Kurma untuk Kesehatan Badan
copyright : correcto.id

Kebaikan Kurma untuk Kesehatan Badan

Kebaikan Kurma untuk Kesehatan Badan

Banyak orang Indonesia kemungkinan telah dekat dengan buah kurma. Buah dengan rasa manis legit ini benar-benar dicari-cari khususnya saat bulan puasa. Tahukah Anda apa kebaikan buah asal negeri Jazirah Arab ini?. Kurma ialah tipe buah yang dapat tumbuh kapan pun selama setahun. Tetapi biasanya, buah ini kerap dipanen pada musim luruh atau awalnya musim dingin di negara aslinya. Argumennya, karena pada musim dingin buah ini ada pada keadaan paling fresh.

Buah yang kerap dikatakan sebagai buah nabi ini kenyataannya banyak mengandung nutrisi memberikan keuntungan. Pada umumnya, kandungan khusus dari buah ini ialah karbohidrat simpel (khususnya gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Nyaris 70% dari kurma terbagi dalam karbohirat. Kurma memiliki kandungan sejumlah sumber gizi yang lain, misalnya:

  • 7 gr serat
  • 2 gr protein
  • 20% keperluan kalium harian
  • 14% keperluan magnesium harian
  • 18% keperluan tembaga
  • 15% keperluan mangan
  • 5% keperluan zat besi harian
  • 12% keperluan vitamin B6 harian

Tidak itu saja. Kurma kaya konsumsi kalsium, zat besi, vitamin K, folat, dan anti-oksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin, Diperbedakan dari tingkat kematangannya, nilai nutrisi buah ini dapat bervariatif antara satu sama lainnya. Misalkan saja, kurma fresh semakin sedikit kandungan kalori dan gulanya daripada kurma kering. Per 100 g kurma yang dikeringkan memiliki kandungan 284 kalori dan 76 gr karbohidrat. Dengan ukuran sama, buah yang fresh memiliki kandungan cuma sekitaran 142 kalori dan 37 gr karbohidrat. Kebalikannya, kurma fresh mempunyai kandungan air, serat, dan protein yang lebih banyak dibanding versus keringnya. Beragam tipe kurma yang sering anda liat berupa Kurma Kering dan Kurma Fresh

Sebenarnya ada beberapa ribu varietas kurma di bumi ini. Tetapi pada umumnya, digolongkan ke tiga kelompok khusus, yakni lunak, semi-lunak, dan kering. Berbeda kelompok ini dilandasi oleh lama waktu panen di pohon. Perkembangan kurma biasanya memerlukan waktu sekitaran tujuh bulan semenjak pertama kalinya tunasnya ada sampai seutuhnya masak, Kurma cokelat kerutan yang sejauh ini Anda ramai jumpai pada bulan Ramadan ialah versus keringnya. Disebutkan kering bukan lantaran menyengaja dikeringkan di bawah matahari seperti buah kering lain. Kurma itu sebenarnya telah masak dan siap panen, tetapi condong didiamkan dahulu di pohon untuk dipanen paling akhir hingga jadi memiliki kandungan sedikit air. Sementara yang lunak dan semi-lunak biasanya selekasnya dipanen saat waktunya datang untuk selanjutnya langsung disortir dan dibungkus.

Berikut beberapa macam kurma yang terpopuler di dunia:

1. Barhi

Kurma Barhi (Barhee) memiliki ukuran sedang dengan kulit yang tipis dan daging yang lunak halus. Barhee yang masak prima disebutkan mempunyai struktur dan seperti rasa puding karamel. Buah ini dapat dikonsumsi pada kondisi 1/2 masak. Struktur dan rasanya seperti apel, gurih dan sedikit asam, Barhi ialah tipe lunak yang umumnya langsung dimakan fresh. Jarang-jarang ditawarkan pada kondisi kering kerutan.

2. Deglet Noor

Deglet noor ialah contoh khusus dari kelompok semi-lunak. Deglet Nour asli asal Tunisia mempunyai struktur kulit yang lembut halus dan daging yang kenyal, dengan warna kuning keemasan nyaris terbuka. Rasanya juga halus seperti madu. Keunikannya membuat kurma ini biasa dikatakan sebagai “Royal Dates” dan “Ratu dari Semua Kurma”.

3. Halawy

Halawy memiliki arti “manis”. Buahnya memiliki ukuran kecil sampai sedang dengan kulit cokelat keemasan ceria. Dagingnya tebal dan lunak, dengan rasa manis seperti permen karamel dan daging lunak. Paling sedap langsung dimakan sesudah panen. Halawy ialah tipe semi-lunak karena biasa dipanen di tengah-tengah musim. Itu mengapa penampilan kulitnya sedikit berkeriput.

4. Khadrawy

Tipe Khadrawy serupa dengan Halawy, tetapi terhitung tipe yang lunak. Rasa buahnya tidak begitu manis, tetapi halus dan kaya. Kurma ini kerap dipanen di tengah musim. Rasa dan struktur kurma Khadrawy dipandang terbaik pada kondisi fresh. Usia simpannya tidak kuat lama. Karena itu untuk mencicip rasa dan struktur Khadrawy pada keadaan terbaik harus dikonsumsi selekasnya sesudah panen.

5. Medjool

Nama Medjool kemungkinan yang paling kedengar akrab dalam telinga kita. Nama lain Medjool ialah kurma Cadillac. Warna buah ini condong coklat kemerahan saat masak dan kering, Buahnya terbesar dan berdaging lebih tebal daripada lainnya. Tetapi walau tebal, struktur dagingnya lunak halus seperti bantal dan sedikit memiliki serat saat digigit. Rasanya legit, tidak begitu manis.

6. Thoory

Kurma Thoory datang dari Aljazair. Thoory ialah tipe kurma kering yang mempunyai struktur kulit kuat dengan daging kenyal, Kurma Thoory kerap dikatakan sebagai “kurma roti” karena struktur dagingnya yang kenyal seperti kue. Rasa buah kering ini tidak begitu manis, tetapi condong legit dan renyah seperti kacang.

7. Zahidi

Zahidi datang dari Iran yang sejenis lunak. Buah ini dikatakan sebagai “Kurma Bangsawan”, Ciri-cirinya, buah ini punyai biji yang besar dan dagingnya gurih memiliki serat. Zahidi kadang dikenali sebagai “Kurma Mentega” karena berwarna yang pucat dan rasanya yang lembut. Zahidi mempunyai rasa manis legit seperti selai kacang, terkadang dengan sedikit wewangian kecut yang mengingati kita pada buah aprikot. Buah tipe ini kerap dipakai dalam kombinasi kue, manisan, serta untuk diolah jadi gula pemanis, Buah yang memiliki rasa manis ini rupanya simpan banyak faedah untuk Anda.

Baca Juga : Tanda Terkena Penyakit Cacar Monyet

Beberapa faedah kurma untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mempertahankan Kesehatan Pencernaan

Buah ini sebagai sumber serat makanan yang bagus. Bergantung pada varietas dan tahapan kematangannya, sekitaran 6,4% sampai 11,5% kandungan kurma terbagi dalam serat khususnya tipe yang tidak terlarut. Makanan yang kaya tipe serat tidak terlarut bisa menolong memadatkan feses dan memperlancar pencernaan. Dalam kata lain, konsumsi makanan memiliki serat tiap hari (sekitaran 25-30 gr/ hari) bisa menghindar Anda dari permasalahan diare dan sembelit.

Di lain sisi, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini menolong bersihkan usus hingga mempunyai potensi turunkan resiko Anda terserang kanker usus, Tidak cuma hanya itu, buah kurma menjadi opsi alami dalam memiara mukosa lambung saat Anda jalankan beribadah puasa. Kurma mempunyai karakter antiradang dan defensif, hingga jaga lambung masih tetap sehat sepanjang Ramadan, Jika jemu konsumsi buah kurma, Anda dapat coba macam olahan kurma yang lain. Misalkan, berbentuk minuman yang tidak memiliki kandungan bahan warna, pemanis, dan pengawet bikinan. Anda bisa juga coba program sehat 12 hari dengan konsumsi konsentrat kurma saat sahur atau berbuka puasa untuk rasakan faedah maksimalnya untuk kesehatan pencernaan sepanjang jalankan beribadah puasa.

2. Menahan Resiko Diabetes

Meskipun rasanya manis, makan buah ini tidak langsung langsung tingkatkan resiko Anda terserang diabetes. Malah, kandungan serat dalam buah nabi ini akan menolong Anda kurangi resiko diabetes. Serat tidak terlarut diolah lebih lamban dalam perut hingga menolong badan lebih bagus mengatur kandungan gula darah. Buah ini memiliki index glikemik rendah. Buah asal Arab ini tidak langsung naikkan kandungan gula darah sesudah makan.

3. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Buah ini memiliki kandungan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan tulang. Semua zat nutrisi ini sudah didalami untuk kekuatannya dalam menahan osteoporosis.

4. Menahan Anemia

Gampang capek dan kulit pucat ialah dua tanda-tanda khusus Anda alami kekurangan zat besi alias anemia. Untungnya buah nabi ini memiliki kandungan zat besi tinggi, hingga baik dijadikan sumber makanan untuk menahan anemia.

5. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kurma memiliki kandungan banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tingkatkan kesehatan jantung Anda. Magnesium dan kalium, misalkan. Ke-2 nya bisa menolong turunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Ditambahkan lagi, kandungan serat dalam buah nabi ini berguna untuk kurangi kandungan cholesterol jahat pada tubuh, Buah ini rupanya memiliki kandungan anti-oksidan asam fenolik yang populer karena karakter antiradangnya. Asam fenolik dipercayai bisa menolong turunkan resiko Anda terserang hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

6. Mencegah Radikal Bebas

Buah ini tinggi anti-oksidan yang sanggup kurangi dampak radikal bebas pada tubuh. Anti-oksidan bekerja membuat perlindungan sel dan kumpulan sel tubuh dari depresi dan infeksi akut yang memacu beragam resiko penyakit, Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik ialah beberapa macam anti-oksidan yang bisa menolong kurangi resiko beberapa macam kanker. Karotenoid dapat kurangi resiko masalah pada mata berkaitan penuaan, seperti degradasi makula.

7. Mempertahankan Kesehatan Otak

Study dari Neural Degeneration Research tahun 2016 mendapati jika buah ini mempunyai potensi menghalangi produksi protein penyebab infeksi namanya interleukin 6 (IL-6) di otak. Kandungan IL-6 yang tinggi dalam otak kerap dihubungkan dengan resiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Disamping itu, riset pada hewan memperlihatkan jika buah ini berguna kurangi kegiatan protein beta amiloid, yang bisa membuat karies di otak, Saat karies menimbun di otak, mereka bisa mengusik komunikasi di antara beberapa sel otak, yang pada akhirannya bisa mengakibatkan kematian sel otak. Kematian sel otak adalah pemicu timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia.

Riset lain pada tikus menunjukkan kebaikan buah ini untuk pertajam ingatan. Selainnya memperlihatkan kekuatan belajar dan penyimpanan memory yang lebih bagus, tikus yang dikasih makan kurma berperangai semakin tenang. Faedah kurma untuk kesehatan otak ini masih terkait dengan anti-oksidan flavonoid untuk kurangi infeksi di otak. Tetapi, riset kelanjutan masih dibutuhkan untuk pastikan kekuatan peranan buah asal Arab ini untuk kesehatan otak manusia.

8. Menolong Turunkan Berat Badan

Per 100 g kurma yang dikeringkan memiliki kandungan 284 kalori dan 76 gr karbohidrat. Ini jadikan kurma sebetulnya sebagai makanan yang tinggi kalori. Tetapi di lain sisi, buah ini tinggi serat dan protein tipe tidak terlarut. Kandungan dua tipe nutrisi tidak terlarut yang semakin tinggi ini menolong Anda berasa kenyang semakin lama. Itu mengapa kurma dapat Anda menjadikan buah cemilan saat diet setiap hari. Tetapi ingat, janganlah sampai terbuai mengkonsumsinya terlalu berlebih. Sebaiknya, Anda masih tetap jalani skema makan sehat dan teratur olahraga supaya usaha pengurangan berat tubuh sukses tanpa permasalahan kelanjutan.

9. Menolong Memenuhi Keperluan Cairan

Kemungkinan Anda sejauh ini bertanya mengapa kurma diunggulkan sebagai makanan buka puasa. Buah ini tinggi gula hingga dapat tolong meningkatkan gula darah Anda yang pernah melorot turun sesudah 7-8 jam tidak makan. Tetapi, buah ini memiliki kandungan banyak air untuk menolong kembalikan cairan badan yang lenyap sepanjang hari. Faedah ini khususnya dapat Anda bisa dari konsumsi buah yang muda dan fresh, warna hijau atau kuning. Buah yang telah tua biasanya tidak memiliki kandungan banyak sekali air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.