Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Langkah Mengkonsumsinya

 Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Langkah Mengkonsumsinya

Kunyit putih memiliki bermacam faedah untuk kesehatan, dimulai dari menghalangi perubahan bakteri sampai menahan kanker. Tetapi, konsumsinya jangan terlalu berlebih sebab bisa memacu penyakit ginjal.

Nama latin kunyit putih ialah Curcuma zedoaria, tanaman satu musim dengan karakter daun berwujud bulat dan warna hijau muda. Rimpang kunyit putih tumbuh pendek, banyak serat, warna pucat, dan berbau yang unik dan rasa yang pahit.

Walau tidak setenar kunyit kuning, herbal ini telah banyak dipakai sebagai obat tradisionil di Tiongkok atau Jepang. Masalahnya dia mempunyai kandungan dengan kekuatan besar untuk diperkembangkan jadi obat yang dipakai di dunia klinis kekinian.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Kunyit putih sebagai tanaman herbal yang memiliki kandungan senyawa kimia kurkuminoid dan flavonoid yang populer baik menangani beragam jenis alergi. Disamping itu, rimpang kunyit putih ini memiliki kandungan minyak atsiri, astringensia, sulfur, dan sedikit lemak.

Kandungan jumpa putih yang lain berpotensi untuk kesehatan manusia ialah alkaloid, phenol, saponin, glikosida, steroid, dan terpenoid.

Berdasar kandungan gizinya yang tinggi, faedah kunyit putih untuk kesehatan ialah diantaranya:

1. Membuat Tubuh Jadi Sehat

Sehatnya tubuh memanglah bukan istilah klinis, tetapi warga mengenalnya sebagai kelompok tanda-tanda, seperti demam, batuk, perut kembung, muntah, sampai tubuh berasa menggigil. Berdasar riset, semua tanda-tanda itu bisa jadi lebih enteng bila Anda konsumsi kunyit putih.

Faedah kunyit putih ini terkait dengan karakternya yang serupa obat ekspektoran dan penawar merasa sakit. curcuma zedoaria bisa juga memiliki sifat diuretik alias membuat lancar pembangunan urine hingga badan akan keluarkan toksin melalui buang air kecil.

2. Menghalangi Perkembangan Sel Kanker

Menurut riset, faedah kunyit putih ini didapatkan dari kandungan kurkuminoid, flavonoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan ethyl methoxycinnamate yang dipercayai sebagai zat antikanker. Sebuah riset ungkap kandungan-kandungan itu bisa menahan beberapa macam kanker, seperti kanker ovarium dan kanker usus besar.

Riset lain ungkap jika pemberian konsentrat simpel kunyit putih bisa turunkan kegarangan perkembangan sel tumor. Meskipun begitu, claim ini baru hanya dites pada tikus laboratorium hingga efektifitas pemakaiannya pada manusia masih perlu ditelaah lebih dalam.

3. Menghalangi Perubahan Bakteri

Pemberian konsentrat kunyit putih dapat menghalangi perubahan bakteri Streptococcus viridans. Bakteri ini salah satunya bisa mengakibatkan sepsis dan pneumonia ke orang neutropenia (mempunyai neutrofil yang sedikit dalam darah), sampai menyebabkan sepsis dan meningitis pada bayi.

Riset lain ungkap faedah jumpa putih sebagai antimikroba untuk bakteri Gr positif atau negatif. Bakteri itu diantaranya Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus.

4. Menangani Tanda-tanda Alergi

Kunyit putih mempunyai kekuatan untuk menangani alergi. Curcuma zedoaria dipercaya sanggup menghalangi pelepasan beta-hexosaminidase yang menyebabkan timbulnya tanda-tanda alergi. Faedah kunyit putih itu didapatkan dari kandungan kurkumin didalamnya.

5. Penawar Toksin

Curcuma zedoaria dipercayai menjadi penawar toksin ular atau hewan berbisa lain. Masalahnya kandungan dalam kunyit putih bisa menghancurkan neurotoksin dan enzim pada toksin ular yang dapat melumpuhkan badan jika tidak selekasnya ditangani.

6. Membuat Lancar Pencernaan

Kunyit dapat menolong menangani permasalahan pencernaan. Konsumsi herbal ini dipercaya berguna untuk menangani beberapa kondisi seperti sakit di perut, kembung, sampai susah bab. Manfaat kunyit putih disampaikan berguna untuk menyembuhkan kolik, kejang otot, pengurangan selera makan, cacingan, sampai lidah yang dirasa pahit. Kunyit putih sebagai bahan alamiah untuk obat pencegah infeksi usus karena depresi.

7. Kurangi Infeksi

Karakter diuretik yang dipunyai curcuma zedoaria menolong menangani penyakit radang persendian seperti rematik dan arthritis. Zat beracun dalam persendian sebagai penyebab infeksi ini selanjutnya dikeluarkan lewat urin dan keringat.

8. Penurun Rasa Ngilu

Faedah kunyit putih yang lain ialah bisa menurunkan sakit atau ngilu karena memiliki sifat analgesik, bahkan juga lebih bagus dari aspirin. Rempah ini dapat juga membuat perlindungan paru-paru pasien asma dengan tekan infeksi di bronkus yang dapat mengecilkan aliran udara sepanjang therapy periode pendek.

Kunyit putih dipercayai sanggup menangani ngilu persendian karena rematik dan arthritis. Karakter diuretiknya memberikan dukungan keluarnya zat beracun dan cairan berlebihan dari pada tubuh. Kunyit putih dapat kurangi temperatur demam dengan menantang infeksi dan menolong proses pengeluaran keringat.

Langkah Memproses Kunyit Putih

Di Indonesia, kunyit putih dipakai seperti tanaman rimpang lain, yaitu sebagai bumbu wewangiantik pada makanan. Curcuma zedoaria bisa ditemui dalam bumbu kari dan umumnya dipakai untuk menyedapkan makanan buatan dari laut (seafood).

Anda bisa beli kunyit putih fresh atau berbentuk bubuk. Campur 1 sdt serbuk curcuma zedoaria dengan satu gelas air hangat. Konsumsi ramuan ini sekitar 2x satu hari dengan teratur dan terus-menerus menolong membuat perlindungan Anda dari penyakit.

Meskipun begitu, pemakaiannya untuk obat seharusnya ditanyakan lebih dulu sama dokter ingat sedikit riset yang ungkap efek kunyit  putih terlebih jika dimakan dengan teratur atau terlalu berlebih.

Efek kunyit putih bila dimakan terlalu berlebih bahkan juga dapat mengakibatkan batu ginjal, sakit di kepala, mual atau alami masalah pencernaan, sampai intoleransi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.