Sistem Kekebalan Tubuh Menurun? Berikut Penyebabnya

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun? Berikut Penyebabnya

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun? Berikut Penyebabnya

Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting. Normalnya ini perlu dipertahankan agar berada pada kondisi prima. Dengan kondisinya yang prima, seseorang akan bisa menjalani aktivitas secara normal.

Ada banyak efek buruk yang tercipta ketika kekebalan tubuh tidak dijaga dengan baik. salah satunya berhubungan dengan virus. Normalnya virus di luar sana sangat banyak dan sering masuk ke tubuh.

Tetapi dengan adanya kekebalan tubuh, efek buruk dari virus tersebut bisa dihindari. itu karena virusnya akan dimatikan terlebih dahulu. Namun hal berbeda akan terasa apabila sistem kekebalan tubuh tidak berada pada kondisi prima. Nantinya virus yang datang tidak akan dimatikan.

Hal tersebut tentu berefek pada virus yang berkembang secara pesat. Ini jelas berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakitnya sendiri bisa termasuk ke dalam golongan ringan maupun berat.

Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Berbicara tentang sistem kekebalan pada tubuh tidak cukup hanya membahas mengenai efeknya. Itu karena, perlu diketahui juga apa penyebabnya kekebalan tubuh bisa menurun.

Jika penyebabnya bisa diketahui, seseorang akan lebih mudah untuk menghindarinya. Oleh karena itu, berikut beberapa poin yang bisa menjadi penyebab menurunnya kekebalan tubuh.

  1. Nutrisi

Penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh pertama berhubungan dengan nutrisi. Intinya kekurangan nutrisi bisa menyebabkan kekebalan tubuh tidak berada pada kondisi prima. Penjelasannya sendiri cukup sederhana.

Setiap tubuh memiliki kebutuhan dasar dengan porsi nutrisi yang berbeda-beda. Tetapi walaupun berbeda-beda, setiap orang perlu mengetahui kebutuhan nutrisi ini.

Itu karena nutrisi tersebut perlu dipenuhi agar kondisi prima bisa didapat. Cara termudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya manfaat.

Contoh makanannya sendiri seperti buah dan sayur. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi gandum. Gandum sendiri memang terkenal memiliki kandungan yang bisa mendukung kekebalan tubuh.

Ketika berbicara tentang tubuh, kaitannya dengan vitamin memang tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, mengonsumsi vitamin secara rutin juga bisa dilakukan. ada banyak vitamin berbentuk tablet yang dijual di luar sana.

  1. Dehidrasi

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun selanjutnya adalah dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan. Selain membuat kekebalan tubuh menurun, ada banyak efek negatif lain yang disebabkan oleh dehidrasi.

Efek negatif tersebut seperti kehilangan fokus dan merasa lemas. Cara mengatasi dehidrasi sendiri sebenarnya tidak sulit. Itu karena seseorang hanya perlu memenuhi kebutuhan konsumsi air putih.

Konsumsi air putih sendiri tidak banyak karena hanya delapan gelas sehari. Nantinya konsumsi tersebut bisa dibagi-bagi pada pagi, siang, sore, dan malam hari.

Ada baiknya membawa stok air putih ke setiap tempat. Dengan membawa stok air putih, konsumsinya akan menjadi lebih mudah. Memang ada banyak orang di luar sana yang malas membeli air putih.

Perlu diketahui, terdapat fenomena dimana air putih sering disepelekan. Dalam tips menjaga sistem kekebalan tubuh, hal tersebut adalah kesalahan yang sangat besar.

  1. Stres

Penyebab kekebalan tubuh menurun tidak selalu karena faktor yang berhubungan dengan fisik. Keberadaannya juga bisa disebabkan oleh faktor yang berhubungan dengan mental.

Salah satu faktornya adalah stres. Stres sendiri memang bisa menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Stres biasanya disebabkan oleh berbagai masalah yang sulit terselesaikan.

Ketika stres terjadi, seseorang akan memikirkan masalah tersebut secara terus menerus. Nantinya pikiran negatif ini akan memengaruhi kondisi kekebalan tubuh. Penurunan kualitas jelas akan terjadi.

Selain berefek langsung pada sistem kekebalan tubuh, stres juga membuat seseorang malas beraktivitas. Nantinya seseorang bahkan memutuskan untuk tidak makan. Ini jelas bisa sangat berbahaya.

Nantinya kebutuhan gizi pada tubuh tidak akan terpenuhi. Kondisi tersebut tentu memberikan efek yang lebih nyata terhadap penurunan kekebalan tubuh.

  1. Kurang Bergerak

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun selanjutnya adalah kebiasaan kurang bergerak. Kurang bergerak sendiri memang menjadi masalah umum di Indonesia. Itu karena, orang Indonesia biasanya malas berolahraga dan menyukai hal instan.

Ketika kurang bergerak, fungsi neutrofil yang dimiliki tubuh tidak akan bekerja optimal. Hal tersebut membuat banyak masalah kesehatan bisa muncul.

Perlu diingat, bergerak yang dimaksud disini bukan melakukan hal sulit seperti lari beberapa kilometer. Bergerak juga bisa dilakukan dengan sekadar berjalan kaki.

Nantinya aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan teman dan keluarga. Selain jalan kaki, menggerakan tubuh juga bisa dilakukan di dalam rumah. Anda bisa melakukan aktivitas sederhana seperti naik turun tangga.

Atau bisa juga melakukan senam sambil melihat video instrukturnya di internet. Hal tersebut membuat tubuh terus bergerak tanpa harus menjalankan aktivitas berat di luar rumah.

  1. Kurang Tidur

Sistem kekebalan tubuh juga bisa dipengaruhi oleh kebutuhan tidur. Normalnya seseorang membutuhkan waktu tidur minimal enam jam perhari. Jika waktu tidur tersebut kurang, kekebalan tubuh akan terganggu.

Tidur memiliki manfaat untuk mengistirahatkan tubuh. perlu diingat kalau tubuh manusia layaknya mesin. Jika tidak diistirahatkan, berbagai masalah dan penyakit sangat mungkin bermunculan.

Sebenarnya orang yang kurang tidur tidak selalu melakukannya atas dasar keinginan. Dalam beberapa kesempatan, sering juga kurang tidur terjadi karena aktivitas yang lebih penting seperti bekerja.

Memang di luar sana ada orang yang bekerja hingga larut malam. Pada kondisi tersebut, memenuhi kebutuhan tidur di malam hari memang semakin sulit.

Untuk mengatasi masalah ini, cara termudah adalah menambah jam tidur di siang hari. Selain itu, jangan melakukan kesalahan dengan menunda-nunda pekerjaan. Cara ini bisa sangat efektif untuk mendapatkan jam tidur yang normal.

  1. Zat Berbahaya

Konsumsi zat berbahaya juga bisa menjadi penyebab sistem kekebalan tubuh menurun. Zat berbahayanya sendiri bisa berbentuk obat atau produk.

Salah satu zat berbahaya yang berbentuk produk adalah rokok. Rokok mengandung berbagai hal negatif yang bisa menyebabkan kanker hingga masalah saluran pernafasan.

Jangan lupakan juga keberadaan narkotika. Narkotika bisa merusak fungsi otak. Nantinya seseorang akan kesulitan beraktivitas normal dan kekebalan tubuh akan menurun.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menghindari zat berbahaya tersebut. cara termudah menghindari zat berbahaya sendiri bisa dilakukan dengan mengetahui kandungan dari setiap produk yang masuk ke tubuh.

Untuk Anda yang memang tidak kecanduan rokok dan alkohol, pastikan untuk tidak mencobanya. Itu karena kecanduan hal ini biasa disebabkan oleh mereka yang coba-coba.

  1. Sinar Matahari

Penyebab sistem kekebalan tubuh menurun yang terakhir berhubungan dengan sinar matahari. Sinar matahari mengandung vitamin D. Selain menguatkan tulang, vitamin D juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Ketika sinar matahari jarang mengenai tubuh, berbagai efek buruk pasti terasa. Jika Anda selalu beraktivitas di dalam ruangan, sempatkanlah untuk berjemur. Waktu terbaik untuk berjemur adalah di kisaran jam 9 pagi.

Waktu berjemur sendiri tidak perlu terlalu lama. Waktu 5 sampai 10 menit sudah cukup untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Pastikan menghindari penyebab-penyebab di atas.

Itu karena kekebalan tubuh yang tidak terjaga bisa memberikan efek buruk jangka panjang. Daripada merasakan efek buruk ini, jauh lebih tepat apabila mengupayakan sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.