Tidak Boleh Salah, Ini 10 Perusahaan Sekuritas yang Tercatat OJK

Tidak Boleh Salah, Ini 10 Perusahaan Sekuritas yang Tercatat OJK

Apa, sich, perusahan sekuritas? Perlu kamu ketahui perusahaan sekuritas sebagai perusahaan yang telah mempunyai ijin dari Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) untuk lakukan aktivitas usaha sebagai faksi mediator dengan pedagang dampak, penjamin emisi dampak, atau aktivitas yang lain di pasar modal.

Perusahaan sekuritas disebutkan dengan perusahaan dampak ini ditata dalam undang-undang hingga penerapan aktivitasnya syah secara hukum.

Menurut pasal 31 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 mengenai Pasar Modal, perusahaan dampak bertanggung-jawab pada semua aktivitas yang terkait dengan dampak yang sudah dilakukan oleh direksi, karyawan dan faksi yang lain bekerja untuk perusahaan itu.

Perusahaan sekuritas ini sebagai salah satunya aktor pasar modal yang bergesekan langsung dan berkaitan erat dengan investor. Oleh karenanya, perusahaan sekuritas diupayakan untuk mempunyai tenaga profesional di sektornya.

Kewenangan Jasa Keuangan (OJK), berikut aktivitas perusahaan sekuritas pada umumnya.

Baca Juga : Cara Memilih Broker Forex Terbaik di Indonesia

1. Mediator Pedagang Dampak (Broker-Dealer)

Aktivitas usaha pertama kali yang dilaksanakan oleh perusahaan sekuritas ialah mediator pedagang dampak (broker-dealer).

Dalam masalah ini, perusahaan sekuritas lakukan aktivitas jual beli dampak (surat bernilai) untuk kebutuhan sendiri atau faksi lain.

Perusahaan sekuritas dapat lakukan jual beli dampak, seperti saham dan obligasi di Bursa Dampak atau lewat transaksi bisnis di luar bursa (transaksi bisnis Over-the-Counter/OTC).

2. Penjamin Emisi Dampak (Underwriter)

Aktivitas usaha yang lain yang sudah dilakukan oleh perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi dampak (underwriter).

Tujuannya adalah perusahaan sekuritas menolong calon Emiten (perusahaan terbuka) dalam melakukan Penawaran Umum Saham (Initial Public Offering/IPO) tanpa atau dengan kewajiban untuk beli tersisa dampak yang tidak terjual.

Sampai sekarang, ada banyak beberapa perusahaan sekuritas di Indonesia yang sudah tercatat dengan cara resmi oleh Kewenangan Jasa Keuangan (OJK).

Berikut lis perusahaan sekuritas di Indonesia yang dapat kamu tentukan untuk melakukan investasi saham atau instrument yang lain:

1. Berdikari Sekuritas

Salah satunya perusahaan sekuritas tercatat OJK, yakni Berdikari Sekuritas yang telah paling dipercaya semenjak tahun 2000 lalu.

Berdikari Sekuritas bisa memberi jalan keluar pasar modal yang mendalam. Disamping itu, perusahaan dampak yang ini mempunyai kompetensi dan integritas yang dianggap secara lokal atau internasional.

Bahkan juga, ini sebagai perusahaan sekuritas di Indonesia salah satu yang sudah mencapai daerah regional Asia.

2. NH Korindo

NH Korindo sebagai perusahaan sekuritas di Indonesia yang tercatat sah OJK. Perusahaan dampak ini mempunyai induk perusahaan di Korea Selatan, yaitu NH Investment dan Securities.

Ada juga service yang disiapkan oleh NH Korindo adalah online trading, investment banking, wealth manajemen, dan yang lain.

3. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas ialah perusahaan dampak di bawah perusahaan induk PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yang beroperasi di sektor Pasar Modal.

Perusahaan sekuritas ini jalankan jasa mediator pedagang dampak, jasa pejamin emisi dampak, dan jasa agen penjual reksadana.

4. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan dampak seterusnya yang sah tercatat OJK, yaitu Indo Premier Sekuritas. Ini sebagai perusahaan penyuplai jasa keuangan terpadu di bagian pasar modal yang layani client pribadi atau korporasi.

Indo Premier Sekuritas beroperasi di sektor mediator pedagang dampak, penjamin emisi dampak, dan management investasi.

Nasabah Indo Premier Sekuritas dipisah jadi dua kelompok yang lain, yakni ritel dan lembaga.

5. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia ialah perusahaan sekuritas yang mempunyai bermacam produk dan service dampak yang diperuntukkan untuk pribadi atau korporasi.

Perusahaan dampak yang sudah berdiri semenjak 1994 ini sediakan transaksi bisnis jual-beli saham, obligasi, reksadana, rencana dan penelitian korporasi, sampai menolong proses pemerolehan atau merger, dan pendataan pertama saham.

6. Samuel Sekuritas

Samuel Sekuritas Indonesia (SSI) sediakan serangkaian komplet berkenaan service penasihat dan keuangan perusahaan, kekuatan penelitian, service pialang pemasaran dan perdagangan ekuitas, sampai penghasilan rutin untuk client institusional dan retail.

Disamping itu, Samuel Sekuritas jalankan bisnis manager investasi lewat anak usaha yang dipunyai sekitar 75,00% (PT Samuel Asset Management).

7. Henan Putihrai Sekuritas

Henan Putihrai Sekuritas sebagai perusahaan dampak yang sudah berdisi semenjak tahun 1990.

Perusahaan yang sudah tercatat sah di OJK ini terhitung sisi dari HP Financial Grup yang ada Henan Putihrai Asset Manajemen (manager investasi).

Beberapa produk dan service yang ditawari oleh Henan Putihrai Sekuritas, yakni:

  • Transaksi bisnis saham dan obligasi untuk retail dan korporasi.
  • Transaksi bisnis saham dan reksa dana secara online/offline, baik konservatif atau syariah.
  • Transaksi bisnis saham secara margin (pinjam pinjam).
  • Corporate finance (merger/pemerolehan, pendataan saham dan obligasi di Bursa Dampak Indonesia).
  • Penelitian perusahaan dan ekonomi.

8. Trimegah Sekuritas

Perusahaan sekuritas yang lain yang terjaga keamanannya karena telah tercatat OJK ialah Trimegah Sekuritas.

Trimegah Sekuritas jalani aktivitas upayanya sebagai mediator pedagang dampak dan penjamin emisi dampak.

Perusahaan ini sediakan beragam tipe reksa dana saham, kombinasi, penghasilan rutin, dan pasar uang sesuai keperluan nasabah korporasi, instansi keuangan, atau dana pensiun.

9. Panin Sekuritas

Panin Sekuritas ialah perusahaan dampak terpenting yang bisa layani keperluan investasi beberapa investor, baik perseorangan, perusahaan swasta, atau instansi pemerintah.

Ini sebagai anak perusahaan dari Panin Bank dan terhitung di perusahaan dampak yang lumayan menjanjikan untuk jadi opsi asset.

Salah satunya feature menarik dari Panin Sekuritas ialah program POST yang disebut program Panin Sekuritas keadaanonal yang membuat lebih gampang untuk beberapa investor untuk memutuskan waktu transaksi bisnis pada harga terukur.

10. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas yang lain yang sudah mempunyai ijin usaha di bawah pemantauan OJK ialah CGS-CIMB Sekuritas Indonesia.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia sebagai perusahaan sekuritas terbaik kombinasi di antara CGS (China Galaxy Securities Co., Ltd) dengan CIMB Grup.

Perusahaan dampak yang ini sediakan aktivitas usaha berbentuk perdagangan saham, obligasi, sampai service pendanaan investasi.

Tidak itu saja, servis yang diberi oleh CGS-CIMB Sekuritas Indonesia juga baik karena disokong oleh tutorial investasi dengan terdapatnya team penelitian baik regional atau internasional, keringanan pembukaan account lewat online, dan bekerja bersama dengan bank besar untuk Rekening Dana Nasabah (RDN).

Itulah keterangan komplet berkenaan perusahaan sekuritas, dimulai dari pemahaman, tipe aktivitas usaha, sampai daftar perusahaan sekuritas yang legal.

Mudah-mudahan infonya berguna untuk kamu yang ingin melakukan investasi, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.